Belasan Titik Jalur di Pacitan Longsor, Dua Alat Berat Disiagakan

oleh -13573 views
LONGSORAN. Sejumlah titik di Pacitan alami longsor pada Kamis kemarin. Material tersebut dibersihkan Binamarga Provinsi Jatim. (Foto: Dok PU Bina Marga)

Pacitanku.com, PACITAN – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pacitan sekitarnya, mengakibatkan longsor dibeberapa titik jalur jalan milik Pemprov Jatim.

Hingga Kamis (5/3/2020) kemarin, sedikitnya ada 13 titik di jalur Arjosari-Purwantoro, yang tertutup timbunan longsor. Sementara di jalur Pacitan-Ponorogo, sedikitnya ditemukan enam titik gunturan.

Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) Unit Pelaksana Teknis (UPT) PJJ, Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso mengatakan, sejak kemarin pihaknya sudah menerjunkan personil ke titik longsor guna melakukan pembersihan.

“Kejadian terparah ada di Desa Ngreco dan Tegalombo. Utamanya di utara Kantor Kecamatan,” terangnya, Jumat (6/3).

Menurut Budi, hampir separo badan jalan banyak yang tertimbun material longsoran. Namun saat ini sudah bisa dilalui.

“Begitu ada informasi longsor, kita langsung turun lokasi. Apalagi menjelang hari libur Sabtu dan Minggu. Biasanya banyak wisatawan yang datang ke Pacitan melalui jalur tersebut. Untuk itu jalan harus kembali bersih dari material gunturan maupun longsor,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, memang banyak saluran dan gorong-gorong yang buntu dan mampet tersumbat sampah serta material batu serta tanah dari gunturan tebing.

“Lain itu juga banyak saluran air yang retak karena dihantam batu dari atas tebing yang melorot. Untuk itu kami telah disiapkan dua loader dan satu ekskavator. Semua sudah ready,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan