Cegah DBD, Kodim 0801/Pacitan-Relawan Lakukan PSN dan Fogging

oleh -13266 views

Pacitanku.com, PACITAN– Upaya pengendalian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Pacitan, terus dilakukan. Bukan hanya instansi pemerintah, namun aparat TNI beserta para relawan getol memerangi penyakit yang siklusnya mirip pelana kuda tersebut.

Bersama babinsa dan sejumlah relawan, kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) maupun upaya pengasapan (fogging) terus dilakukan di kawasan endemi penyebaran DBD.

“Lingkungan kami RT 03/ RW 04, Pucangmulyo, Kelurahan Pucangsewu, kemarin sudah melakukan bersih- bersih. Dan sekarang kami minta bantuan relawan bersama Pak Babinsa dari Kodim untuk melakukan fogging. Dan ini gratis tanpa bayar,” kata Mukadi, salah seorang warga, Senin (2/3/2020).

Usaha penyemprotan yang dilakukan oleh Kodim 0801 beserta relawan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap pencegahan DBD.

“Kami relawan bersama Kodim, membuka diri untuk siapa saja dan lingkungan mana saja yang membutuhkan bantuan fogging secara gratis. Namun sebelumnya tetap harus dilakukan PSN. Bukan bermaksud lancang. Namun masyarakat perlu di edukasi dan tindak lanjut yang efektif,” jelas Daeng Handi, relawan fogging.

Data sementara, penderita DBD sampai dengan saat ini sudah mencapai sekitar 300 penderita.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Babinsa Pacitan dan relawan. Semoga ini bisa membuat psikologi masyarakat tenang dan marem,” imbuh Bambang Nurcahyono, Kepala Kelurahan Pucangsewu.

Pewarta: Dwi Purnawan
Penyunting: Dwi Purnawan