Komisi I DPRD Pacitan Desak Bupati Segera Isi Kekosongan Kursi Jabatan yang Lowong

oleh -273 views

Pacitanku.com, PACITAN– Ketua Komisi I, DPRD Pacitan, Heru Setyanto, mendesak agar pejabat pembina kepegawaian, dalam hal ini Bupati Pacitan untuk segera mengisi kekosongan pos jabatan yang lowong. Sebab hal tersebut akan memengaruhi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) utamanya dalam melaksanakan kebijakan dalam hal pelayanan masyarakat.

Seperti diketahui, bahwa sejak Jumat (28/2) kemarin, Kepala Dinas Kesehatan, Eko Budiono, sudah memasuki masa purna tugas. Selain itu, kursi Kepala Dinas Pangan juga sudah lama kosong.

“Karena itulah, bupati harus cerdas mengambil sikap. Kalau kekosongan tidak segera terisi, kita patut pertanyakan kinerja bupati,” kritik legislator berbasis PDIP ini, Sabtu (29/2).

Heru berharap, agar pengisian kekosongan kursi jabatan tidak sekedar didasarkan atas sebuah kejadian. Suatu misal, adanya isu serangan coronavirus yang konon sudah merambah sampai Semarang.

“Pengisian itu bukan sekedar adanya coronavirus atau tidak. Tapi ini menyangkut kinerja organisasi dalam melaksanakan kebijaka-kebijakan bupati melayani masyarakat. Kalau disebuah OPD memang masih kekurangan aparatur ya bagaimana secepatnya untuk segera dilengkapi,”jelasnya.

Sementara sebagaimana pernah diberitakan, Sekkab Pacitan Heru Wiwoho Supadi Putro, memang telah merencanakan untuk melakukan rotasi dan pengisian sejumlah pos jabatan yang lowong.

Akan tetapi, semua harus melalui izin dari Mendagri. Sebab saat ini, secara aturan bupati sudah tidak diperbolehkan lagi melakukan kebijakan mutasi ataupun promosi jabatan. Terkecuali dalam kondisi mendesak dan harus atas seizin Mendagri.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan