BBWS Bengawan Solo Lakukan Kajian Teknis Soal Bencana Desa Semanten

oleh -13452 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OP3 Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo di Madiun, langsung turun ke lokasi bencana alam di Dusun Ngawen Desa Semanten Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas PUPR, Kabupaten Pacitan, Yudo Tri Kuncoro, menegaskan, meski bukan kewenangannya, namun pihaknya ikut serta mendampingi tim dari BBWS Bengawan Solo saat meninjau lokasi bencana. “Jum’at kemarin, PPK OP3 BBWS Bengawan Solo dari Madiun memang sempat menuju lokasi bencana di Semanten. Kami memang ikut mendampingi untuk menunjukan titik lokasi terdampak,” kata Yudo, Sabtu (29/2).

Menurutnya, selain di Desa Semanten, juga ada tiga lokasi terdampak bencana banjir Tahun 2017-2019 lainnya yang mereka datangi. Seperti Borang, Gunungsari, dan Arjowinangun.

“Dari empat titik tersebut, memang butuh anggaran cukup besar kalau seandainya harus dilakukan tindakan permanen,” sebut Yudo.

Setelah melakukan tinjau lapangan, tim berkesimpulan kalau lokasi-lokasi tersebut memang perlu segera penanganan. Memang dari kajian teknis, perlu segera dilakukan langkah-langkah kedaruratan. Hanya saja, Yudo, belum bisa memastikan tindakan teknis apa yang hendak mereka lakukan. Sebab pihak BBWS yang memiliki kewenangan atas sungai-sungai di Pacitan.

“Kemarin itu dari BBWS Bengawan Solo, melakukan pengukuran untuk perencanaan detailnya. Semoga bisa segera terlaksana,” harap Yudo.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan