Dinas PUPR Pacitan Selalu Menginisiasi Instansi Vertikal untuk Segera Bersikap

oleh -13260 views
TNI bersama warga mengecek abrasi sungai Grindulu di Semanten, beberapa waktu lalu. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan menegaskan pihaknya selama ini selalu menjadi penerus informasi ke pemerintah diatasnya, terkait kejadian bencana alam yang bukan menjadi kewenangan OPD nya untuk menyikapi.

“Jadi bukan sekedar soal kewenangan. Kami ini selalu menjadi fasilitator pertama kali yang menyampaikan ke pemerintah diatasnya seandainya ada sebuah kejadian bencana alam yang bukan menjadi kewenangan kami,” kata Suparlan melalui ponselnya, Sabtu (29/2).

Menurut pejabat eselon III A ini, langkah koordinasi itu, bukan sekedar bersurat. Namun juga ditindak lanjuti dengan kehadirannya ke lembaga atau kementerian yang memiliki kewenangan.

“Kami selalu tindak lanjuti setiap ada kejadian. Termasuk kepala dinas dan kabid-kabid yang membidangi langsung mengambil langkah untuk berkoordinasi face to face dengan pihak-pihak pemilik kewenangan,” jelas dia.

Terkait beberapa titik lokasi terdampak bencana yang saat ini tengah dilakukan kajian oleh BBWS Bengawan Solo, Suparlan menegaskan, sejatinya Dinas PUPR sudah sejak lama melakukan koordinasi.

“Kami sejak lama mengkoordinasikan dengan BBWS. Termasuk kami dorong agar segera mengambil langkah-langkah. Jadi setiap ada kejadian, PUPR tak menunda waktu, langsung melakukan koordinasi,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan