Sehari Jelang Penutupan, KPU Pacitan Masih Sepi Pendaftar Calon PPS

oleh -13473 views

Pacitanku.com, PACITAN– Pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilu bupati dan wakil bupati Tahun 2020, tinggal sehari lagi. Namun begitu, hingga Sabtu (22/2) pukul 16.00 WIB kemarin, masih sepi pendaftar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, Sulis Setyorini mengatakan, hingga waktu penutupan pendaftaran, Sabtu kemarin baru ada 323 pendaftar calon PPS.

“Kita tunggu sampai besok tanggal 24 Februari pukul 16.00 Wib. Kalau masih belum tercukupi kuota, pendaftaran tahap kedua akan kita buka mulai tanggal 25 hingga 27 Februari nanti,” kata Sulis Setyorini, Ahad (23/2).

Sulis Setyorini mengungkapkan, untuk penyelenggaraan Pilbup 2020, masing-masing desa dan kelurahan dibutuhkan tiga PPS. Sedangkan jumlah desa dan kelurahan di Pacitan tercatat sebanyak 166 desa dan 5 kelurahan. Akan tetapi untuk tahapan rekrutmen PPS, lanjut dia, setiap desa dan kelurahan dibutuhkan mininal 6 pendaftar.

“Sehingga kita butuh sebanyak 1.026 kuota pendaftar. Kalau belum tercukupi, pendaftaran akan kita perpanjang lagi. Sebab tahapan seleksi administrasi dan tes tulis belum bisa dilaksanakan sebelum kuota pendaftar terpenuhi,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan