Achmad Sunhaji: Belum Ada Balon Bupati Pacitan yang Menyamai Indartato

oleh -346 views
Achmad Sunhaji

Pacitanku.com, PACITAN – Tokoh politik Pacitan, Achmad Sunhaji kembali memberikan pernyataan terkait fenomena politik jelang Pilbup Pacitan 2020. Ia berpendapat sejauh ini belum ada bakal calon yang memiliki kekuatan magnet elektroral seperti era pencalonan Bupati Indartato lalu.

Indartato menurut Sunhaji, memiliki daya tarik yang begitu kuat kala itu. Sehingga banyak masyarakat bawah yang mendatanginya dan memberikan support kepada calon.

“Kalau di era pencalonan Bupati Indartato lalu, justru masyarakat yang mendatangi calon. Mereka tak sekedar memberikan dukungan. Namun mereka justru banyak yang memberikan sumbangsih. Yang panen polo pendem mereka bawa. Belum lagi bahan sembako dan lainnya, banyak berdatangan dari masyarakat. Ini sebagai bukti kekuatan magnit politik seorang Indartato kalau itu, memang sangat luar biasa,” kata Sunhaji, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (23/2).

Karena itu, ia berharap di Pilbup 2020 ini setidaknya ada bakal calon yang mirip-mirip seperti Indartato. Untuk itu, Sunhaji berharap agar para bakal calon lebih masif lagi melakukan pendekatan ke masyarakat. Agar tingkat keterpilihan mereka semakin terkerek.

“Kalau saya boleh jujur, memang sekarang ini hanya Gagarin yang lebih populis dikenal masyarakat. Namun saya tegaskan, lantas jangan menjadikan over confidence. Sebab segala kemungkinan masih bisa saja terjadi,” pesannya.

Menurut mantan anggota DPRD berbasis Partai Golkar ini, Gagarin memang figur bakal calon yang cukup fenomenal. Ini dikarenakan, ia besar dari Golkar namun sekarang ini mendaftar melalui Partai Demokrat sebagai calon bupati.

Sementara di internal Golkar sendiri, lanjut dia, Gagarin bersama empat kader lainnya, yaitu Effendi Budi Wirawan, Almira Adelia Damayanti, Lancur Susanto dan Prabowo, tengah diusulkan ke DPD Partai Golkar Provinsi Jatim sebagai calon bupati.

“Banyaknya pergunjingan di publik, memang sangat menguntungkan bagi dia (Gagarin). Secara otomatis, tingkat popularitasnya semakin terangkat,” bebernya.

Apakah Gagarin punya kans kuat untuk mendapatkan rekomendasi dari Demokrat? Sunhaji menegaskan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Namun demikian ia tetap berpesan agar lebih mendekat ke masyarakat. Langkah ini sebagai upaya untuk lebih mendongkrak tingkat keterpilihannya.

“Saya memprediksi banyak parpol diluar Demokrat yang sudah berancang-ancang untuk mengusung Gagarin. Namun kalau seandainya dia berhasil mengantongi surat rekomendasi dari Demokrat, bisa jadi Pilkada di Pacitan selesai sudah,” tuturnya memberikan estimasi.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan