Pendaftar Calon PPS di KPU Pacitan Masih Sepi

oleh -13477 views

Pacitanku.com, PACITAN — Hingga hari kedua dibukanya tahapan pendaftaran calon panitia pemungutan suara (PPS) Pilbup Pacitan Tahun 2020, di KPU setempat, sejauh ini masih sepi pendaftar. Terbukti hingga ditutupnya waktu pendaftaran Rabu (19/2/2020) pukul 16.00 Wib, baru terkumpul sebanyak 83 pendaftar calon badan adhoc tersebut.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini menegaskan, tahapan ini dibuka sampai tanggal 24 Februari. Adapun jumlah PPS yang dibutuhkan dimasing-masing desa dan kelurahan, yaitu tiga orang PPS.

“Kuota pendaftar minimal sebanyak dua kali kebutuhan PPS dimasing-masing desa dan kelurahan,” ujarnya.

Sehingga agar tahapan bisa terus berlanjut, tentu hingga akhir masa penutupan nanti setidaknya harus tersedia minimal sebanyak 1.026 pendaftar.

“Apabila belum terpenuhi kuota pendaftar, KPU akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran dimasing-masing desa atau kelurahan yang belum terpenuhi kuota pendaftarnya. Sebagaimana jadwalnya, masa perpanjangan itu akan dilaksanakan pada 25-27 Februari,” bebernya.

KPU, lanjut mantan dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya ini, optimis akan bisa memenuhi kuota pendaftar calon PPS.

Sebab selama ini lembaga yang dipimpinnya itu telah melakukan koordinasi dengan seluruh kepala desa dan kepala kelurahan serta para camat.

“Kita juga berkoordinasi dengan Pemkab, serta masif memberikan sosialisasi ke pelosok desa. Sehingga kami optimistis akan bisa memenuhi kuota pendaftar. Sebab kalau tidak, tahap seleksi berikutnya tidak bisa dilaksanakan. Yaitu seleksi administrasi dan seleksi tulis,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan