Upaya Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan Milik Pemkab Diapresiasi Meski Kemantapan Masih Kurang

oleh -13483 views
Jalur Sedeng saat proses dilebarkan. (Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) Unit Pelaksana Teknis (UPT) PJJ, Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso (BHS) berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Pacitan dan jajaran, terkait upayanya melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan poros desa maupun jalan kabupaten selama ini. Meski tidak dimungkiri, kalau tingkat kemantapaan jalan belum sesuai yang diharapkan.

“Kami sangat apresiasi atas upaya Pemkab Pacitan dalam melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan poros desa dan kabupaten. Tentu hal tersebut memang belum bisa memberikan kepuasan kepada banyak pihak. Sebab memang, dari sisi kemantapan jalan masih perlu ditingkatkan,” ujar BHS saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Rabu (19/2/2020).

Karena itulah, menurut Budi, masih perlunya peningkatan investasi dan peningkatan anggaran diluar APBD kabupaten yang ada selama ini. Tak hanya itu, Budi memandang masih perlunya sebuah strategi pembangunan utamanya dibidang infrastruktur, baik itu peningkatan maupun pemeliharaan jalan.

“Kami siap membantu dan memberikan dukungan kepada Pemkab Pacitan untuk mengakses berbagai anggaran di provinsi. Baik itu dana hibah ataupun bantuan keuangan dan anggaran bencana alam,” tutur cicit dari Adipati Kandjeng Djimat ini kepada pewarta.

Kasie Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ), Unit Pelaksana Teknis (UPT) PJJ, Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso (BHS). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Budi menyadari, selama ini masyarakat banyak mengeluh terkait kondisi jalan. Sebab dengan tersedianya jalan yang nyaman, secara otomatis akan bisa mendongkrak roda perekonomian masyarakat.

“Karena keluhan masyarakat banyak berkutat masalah jalan, tentu perlu adanya terobosan baik segi pendanaan maupun penanganan. Tidak dimungkiri, keberhasilan kepemimpinan seorang kepala daerah bisa dilihat dari indikator pembangunan infrastruktur yang ada,” bebernya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, memang selama ini Pemkab Pacitan banyak mengalami kendala soal keterbatasan anggaran.

“Namun masih ada peluang yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat kemantapan jalan yang lebih baik. Insyaallah kita akan membantu dan mengupayakan semua harapan masyarakat demi terwujudnya pembangunan di Pacitan yang lebih masif,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan