Nelayan Pacitan Panen Ikan Layur

oleh -131.218 views

Pacitanku.com, PACITAN – Ikan layur menjadi andalan penghasilan nelayan, dalam kurun waktu sepekan ini. Pasalnya, banyak nelayan di Pacitan yang panen tangkapan layur saat mereka melaut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dinas Kelautan Pemprov Jatim wilayah Pacitan Ninik Setyorini mengatakan, sudah sepekan lebih ikan layur menjadi primadona nelayan saat mereka melaut.

“Kebanyakan mereka berhasil menangkap ikan layur. Memang lagi musim beberapa waktu ini,” ujarnya, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (14/2/2020).

Menurut istri dari Wabup Pacitan Yudi Sumbogo ini, banyaknya ikan layur yang berhasil ditangkap nelayan Pacitan, dimungkinkan adanya migrasi dari Pantai Sedeng.

“Ikan layur ini cenderung berkelompok. Sehingga ketika mereka bermigrasi, pasti dalam jumlah besar,” tutur pejabat bergelar doktor ini.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Ninik juga mengungkapkan kalau kondisi gelombang dan angin saat ini memang tengah bersahabat. Sehingga nelayan bisa melakukan aktivitas menangkap ikan dengan maksimal.

“Kondisi cuaca sangat memungkinkan. Gelombang laut maupun pergerakan angin, masih tetap stabil,” tukas Ninik.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan