Projo Pacitan Apresiasi Wamendes, Persilahkan Penyidik Lakukan Pengawasan Dana Desa

oleh -13444 views

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua organisasi Pro Jokowi (Projo) Kabupaten Pacitan, John Vera Tampubolon, memberikan apresiasi tinggi kepada Wakil Menteri Desa (Mendes), Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PPDT), Budi Arie Setiadi, atas upayanya mendorong pemerintah pusat untuk terus menggelontorkan dana desa.

John menyadari, kualitas sumber daya manusia (SDM) perangkat desa, memang masih perlu di upgrade. Akan tetapi, semua itu tak menyurutkan niat pemerintah pusat untuk terus menggelontorkan dana desa.

“Pak Wamendes mempersilakan ke penyidik baik itu Kejaksaan maupun Kepolisian untuk masuk melakukan pengawasan. Hanya saja toleransi dan kebijakan lebih dikedepankan. Sekali, dua kali salah, mungkin cukup diberikan teguran dan arahan. Namun kalau sampai tiga kali terus melakukan kesalahan, ya perlu dibinasakan. Pesan beliau (Budi Ari, Red) memang seperti itu,” tutur John memetikan pernyataan dari Ketua Projo Nasional tersebut.

Menurut Budi Ari, kata John, dulu sebelum Indonesia merdeka, hanya sekitar 20 persen penduduk Indonesia yang pintar.

“Kalau banyak masyarakat yang pandai kala itu, mungkin Indonesia tidak jadi merdeka,” tuturnya.

Untuk itu, sama dengan fenomena pemerintahan desa saat ini. Sekalipun masih ada keterbatasan SDM, namun program pemerintah pusat adanya dana desa, harus tetap dilanjutkan.

“Secara bertahap, pembangunan SDM harus dilakukan. Sehingga dalam kurun waktu tidak terlampau lama, SDM perangkat desa akan bisa sejajar dengan SDM pemerintahan diatasnya,” harapnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan