Ketua PWI Pacitan: Media Berperan Penting Sampaikan Informasi Pilbup ke Masyarakat

oleh -13434 views

Pacitanku.com, PACITAN — Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) persiapan cabang Kabupaten Pacitan, Sujarismanto mengatakan media memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, salah satunya untuk mengawal pesta demokrasi di Pacitan.

“Perlu diketahui. Sebentar lagi akan ada pesta demokrasi bersama, dan pemilihan tema saat ini dalam rangka mencoba memberikan wacana kepada masyarakat luas agar pelaksanaan Pilkada nanti bisa berjalan dengan aman tertib dan damai. Dan media mempunyai peranan penting tentang pemberitaan yang baik dan benar dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat,” kata wartawan senior JTV Pacitan ini saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Ahad (9/2/2020) di hotel Srikandi Pacitan.

Baca juga: Peringati HPN 2020, PWI Pacitan Gelar Tasyakuran dan Seminar

Dalam peringatan HPN tahun 2020 kali ini juga digelar tasyakuran dan seminar dengan topik mengawal pesta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas.

Seminar yang dihadiri sejumlah insan media, mahasiswa dan kelompok masyarakat ini dibuka langsung oleh bupati Pacitan Indartato.

Sementara, Indartato dalam sambutannya bercerita tentang prosesnya saat menjadi kontestan peserta pilkada 4 tahun silam.

“Saya bupati Pacitan, artinya pernah melakukan proses pemilihan. Dan jika proses ini tidak diniati dengan itikad baik sebagai suatu proses ibadah, maka akan hancur. Istilah sederhananya, akan jadi bupati itu prosesnya panjang dan sulit, terlebih jika sudah jadi, akan lebih sulit,”kata Indartato.

Baca: Di HPN 2020, Indartato Harapkan Pilbup Hasilkan Pemimpin Pacitan yang Lebih Baik

Indartato mengharapkan para calon yang akan berkontestasi dalam Pilkada harus menjadi contoh.

“Menjadi penengah, dan menjadi pendorong untuk masyarakat luas. Jadi proses ini bukan sekedar menang kalah. Tapi labih pada pengabdian,”ujar Bupati yang memimpin Pacitan selama dua periode ini.

Seminar peringatan HPN ini juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0801/Pacitan, Kapolres Pacitan, komisioner Bawaslu dan KPU Pacitan serta sejumlah tamu undangan dari organisasi masyarakat.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan