Semarakkan Hari Jadi Pacitan ke-275, Desa Nanggungan Gelar Lomba Asmaul Husna

oleh -13532 views
Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan menggelar lomba asmaul husna untuk menyemarakkan Hari Jadi Pacitan ke-275 pada Ahad (9/2/2020)

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan menggelar lomba asmaul husna untuk menyemarakkan Hari Jadi Pacitan ke-275 pada Ahad (9/2/2020) di Balai Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan.

Lomba tersebut diikuti enam tim dengan jumlah sembilan orang masing-masing tim yang ikut berlomba.

Ketua tim penggerak PKK Desa Nanggungan, Muthoifah mengatakan tujuan diadakan lomba ini adalah meningkatkan pengetahuan kader PKK dan masyarakat  tentang asmaul husna.

“Yang mana asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik dan indah, dan bisa lebih bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kpd Allah SWT,”katanya.

Dia mengatakan dari hasil kejuaraan ini yang mendapat juara 1 akan di tampilkan di Pendopo petilasan dalam rangka sholat hajat dan sujud syukur pada momen puncak peringatan Hari Jadi Pacitan ke-275 pada Selasa (18/2/2020) mendatang.

“Untuk para pemenangnya adalah Juara 1 Dusun Tawang, Juara 2 Dusun Krajan Lor, Juara 3 bersama Dusun Krajan Kidul, Juara Bersama 1 Dusun Jatirejo, Juara Bersama 2 Dusun Tegalrejo dan Juara Bersama 3 Dusun  Bulu,”ujarnya.

Sementara, Kepala Desa Nanggungan dalam sambutannya mengatakan cikal bakal berdirinya Kota Pacitan yaitu Desa Nanggungan atau bumi Tumenggung Setroketipo.

“Dimana Setroketipo yang waktu itu adalah seorang prajurit kemudian memberikan rucuh pace kepada Pangeran Mangkubumi kemudian menikmati makanan tersebut. Rucuh pace itulah yang kemudian menjadi asal usul nama Pacitan. Menurut cerita leluhur Pendopo Kabupaten Pacitan berada di Desa Nanggungan,”katanya.

Kontributor: Endriana Wahyu Alita
Penyunting: Dwi Purnawan