Gubernur Sulbar Ziarah Leluhur Raja Balanipa Maradia Tokape di Pacitan

oleh -526 views
Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengunjungi Pacitan untuk melakukan penelusuran dan pelestarian jejak perjuangan leluhurnya pada Ahad (9/2/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANGubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengunjungi Pacitan untuk melakukan penelusuran dan pelestarian jejak perjuangan leluhurnya di Kota 1001 goa pada Ahad (9/2/2020).

Sebagai informasi, leluhur Gubernur Sulawesi Barat adalah Maradia Tokape, Raja Balanipa yang makamnya berada di makam Kucur, Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Berdasarkan penuturan Gubernur Ali Baal Masdar, dahulu raja Tokape terasing di tanah jawa hingga meninggal di Pacitan karena tertangkap Belanda setelah melakukan perlawanan.

“Semoga dengan penelusuran sejarah ini, hubungan baik antara Sulawesi Barat dan Pacitan dapat terjalin dengan baik,” ungkap Gubernur Ali Baal Masdar, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

“Kedepan agenda ini akan rutin dilaksanakan untuk mengenang sejarah kepada para Pahlawan yang mana salah satu makamnya ada di Kabupaten Pacitan. Semoga tali silaturahmi ini akan terus terjalin selamanya,”katanya lagi.

Selain melakukan ziarah ke makam Raja Balanipa, Maradia Tokape, gubernur dan rombongan juga akan menggelar silaturahmi dengan keluarga besar Tokape yang ada di Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato menyambut hangat kehadiran gubernur dan rombongan.

Menurut Indartato, hubungan baik ini diharapkan akan terus berlanjut. Bupati juga berharap rombongan bisa lebih lama di Pacitan untuk menikmati wisata kota 1001 goa.

“Semoga dengan kehadiran Gubernur Sulawesi Barat bisa mempererat tali silaturahmi antara Propinsi Sulawesi Barat dengan masyarakat Kabupaten Pacitan, atas nama Pemerintah Daerah Pacitan berharap kedepan hubungan masyarakat Kabupaten Pacitan dengan Sulawesi Barat bisa berjalan baik,”kata Indartato.

Dalam kegiatan tersebut rombongan gubernur Sulbar melaksanakan ziarah ke makam istri Ki Ahmad Yahya di TPU Kauman, dilanjutkan melaksanakan ziarah ke makam Mara’dia Tokape Raja Balanipa  atau Ki Ahmad Yahya di TPU Kucur.