Diperkirakan Ratusan Pejabat di Pacitan akan Mutasi dan Promosi

oleh -13414 views
TANDATANGAN. Bupati Pacitan Indartato memimpin pelantikan mutasi pejabat baru Lingkup Pemkab. (Foto: Diskominfo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Mutasi besar-besaran dipastikan bakal berlangsung di Pemkab Pacitan dalam kurun waktu dekat ini. Hal tersebut seperti disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro.

Menurut Heru, mutasi dan promosi jabatan merupakan hak prerogatif seorang kepala daerah. Sebagai top manager birokrasi dan Ketua Tim Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Bapperjakat), pihaknya hanya sebatas memberikan pertimbangan sesuai daftar urutan kepangkatan (DUK) bagai ASN yang hendak dilakukan promosi jabatan.

“Saat ini Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, masih melakukan konsultasi ke Mendagri untuk melaksanakan mutasi pejabat,” kata Heru, Selasa (4/2/2020).

Namun begitu Sekkab Heru menegaskan, kalaupun ada mutasi tentu dalam jumlah besar. Bisa mencapai puluhan bahkan ratusan pejabat yang akan di kocok ulang. Sebab saat ini masih ada tiga pos jabatan lowong. Seperti Kepala Dinas Pangan, Dinas Perikanan dan tak lama lagi Dinas Kesehatan yang hendak ditinggal pensiun.

Selain itu, dalam pembahasan Raperda Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) ada dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang bakal naik tipe, dari B ke tipe A. Yaitu Dinas Kesehatan dan Sekretariat DPRD. Tentu kedua OPD itu akan ada penambahan bidang maupun bagian.

“Yang jelas mutasi nantinya guna pemenuhan karir ASN serta untuk mengisi kekosongan kursi jabatan sebuah organisasi. Agar kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan masyarakat lebih optimal,”tambahnya.

“Kapan mutasi ataupun asesement pejabat dilaksanakan, kami menunggu perintah dari atasan (bupati, Red),” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan