Diterjang Longsor, Akses Jalan Desa di Kecamatan Nawangan Macet

oleh -502 views

Pacitanku.com, NAWANGAN – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di Pacitan. Kali ini, sebuah talud SDN 1 Sempu, Desa Sempu, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, ambrol.

Tak ayal, akibat peristiwa tersebut akses jalan dari Desa Sempu Menuju Desa Ngunut, tak bisa dilewati lantaran tertimbun material longsoran.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Nawangan, Kapten (kav) Subari mengatakan, sekitar pukul 15.00 Wib, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Nawangan sekitarnya.

“Hujan turun sangat deras dan berlangsung lama. Akibatnya, talud SDN 1 Sempu dengan ketinggian 5 meter dan lebar 7 meter, longsor dan menutup badan jalan. Akses jalan di Desa Sempu menuju Desa Ngunut tidak bisa di lalui kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat,” katanya, Sabtu (1/2).

Beruntung tidak didapati korban jiwa dalam musibah longsor tersebut. Hanya saja kerugian material ditaksir sekitar Rp 50 juta.

“Saat ini warga tengah melakukan pembersihan material longsoran yang menutup jalan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan lebih berhati-hati. Mengingat kondisi cuaca saat ini memang lagi ekstrim. Terlebih di Pacitan ini berpotensi tinggi terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan