Orang Berkebutuhan Khusus Dapat Layanan Jemput Bola Adminduk Dispendukcapil Pacitan

oleh -13314 views
Petugas PPA Dispendukcapil Pacitan saat melayani pengurusan adminduk bagi orang sakit. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Berbagai upaya dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pacitan, sebagai upayanya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya telah dibesutnya petugas pro aktif (PPA) yang akan melakukan jemput bola pelayanan kepada masyarakat tertentu.

Kepala Dispendukcapil Pacitan, Supardianto mengatakan, PPA ini memang bertugas di lapangan mendatangi orang berkebutuhan khusus (OBK) yang hendak mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

“Jadi setiap hari mereka turun ke lapangan mendatangi OBK, guna memberikan pelayanan kepengurusan adminduk,” kata Supardianto, yang saat itu masih melakukan dinas luar ke Surabaya, melalui ponselnya, Jumat (31/1/2020).

Menurut mantan Kasatpol PP Pemkab Pacitan ini, bukan hanya penyandang disabilitas yang masuk pelayanan PPA.

Namun masyarakat yang lagi sakit dan menjalani rawat inap di layanan kesehatan, juga bisa dilayani.

“Jadi kami mendapat informasi dari desa. Setelah itu petugas PPA akan turun lapangan memberikan pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Apakah itu hanya pelayanan KTP elektronik? Supardianto menegaskan, semua adminduk bisa dilayani di lapangan.

“Termasuk perekaman biometrik juga bisa dilayani oleh petugas PPA tersebut. Jadi semua pengurusan adminduk bisa dilayani oleh petugas PPA kami. Ini sebagai upaya terobosan guna mendapatkan pelayanan pada masyarakat. Dan PPA ini sendiri sudah sejak lama ada,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan