KPU Pacitan Ajak Masyarakat Sukseskan Pilbup 2020

oleh -13347 views
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.

Pacitanku.com, PACITAN –  Pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020, merupakan peristiwa penting bagi keberlangsungan pemerintahan di daerah.

Untuk itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Pacitan, Iwit Widhi Santoso, meminta agar semua pihak ikut peduli dan turut mensukseskan setiap tahapan pemilu yang akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum.

“Sebab pada dasarnya, suksesi penyelenggaraan Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara. Namun semua pihak, juga harus ikut serta demi terlaksananya amanah demokrasi guna terlahirnya pemimpin yang kredibel seusai pilihan rakyat,” ujarnya, Jumat (31/1/2020) di Pacitan.

Mantan wartawan sebuah media cetak terkemuka di Jatim ini mengatakan, sebagai manusia, KPU memang masih banyak kekurangan. Kendati begitu, semua tahapan yang dilakukan selama ini sudah sesuai ketentuan aturan yang dipersyaratkan.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Iwid Widhi Santoso. (Yuniardi Sutondo)

Baca juga: Pilbup Pacitan akan Digelar 23 September 2020, ini Tahapannya

“Itulah perlunya penguatan dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat yang ada di Pacitan. Suksesnya pemilu merupakan suksesnya pembangunan daerah kedepannya. Untuk itulah, kami tak segan-segan untuk selalu meminta support dan dukungan masyarakat agar Pilbup kedepan berjalan sesuai yang diharapkan bersama,”jelasnya.

Sebagai mantan orang komunikasi lantaran cukup lama berkecimpung di dunia media, dengan kerendahan hati ia juga meminta kepada para profesi media untuk turut membantu menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat.

Utamanya mengenai tahapan yang tengah atau akan dilaksanakan. Hal tersebut diharapkan agar partisipasi pemilih nantinya semakin meningkat.

“Dengan begitu akan terlahir pemimpin yang lebih legitimate. Sebab partisipasi masyarakat sangat tinggi,” pungkasnya.

Adapun saat ini KPU Pacitan tengah dalam tahapan pembentukan panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan rentang 31 Januari hingga 1 Maret 2020.

Berikutnya, tahapan dilanjutkan dengan pendaftaran pemantau Pilbup pada 31 Januari 2020, penyerahan syarat dukungan pasangan calon pada 26-30 Maret 2020, pemutakhiran data dan daftar pemilih Pilbup pada 27 Maret-17 Juli 2020.

Selanjutnya adalah masa pendaftaran pasangan calon dilakukan melalui KPU Pacitan pada 28-30 April 2020, dilanjutkan penetapan pasangan calon pada 13 Juni 2020.

Tahapan selanjutnya, masa kampanye adalah 16 Juni 2020 hingga 19 September 2020, didalam masa kampanye ada sejumlah model kampanye, seperti debat publik, pertemuan terbatas hingga kampanye media.

Adapun untuk pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dilakukan pada 23 September 2020. Sementara, untuk tahap rekapitulasi, mengatakan penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk Pilbup Pacitan akan dilakukan pada 29 September hingga 1 Oktober 2020.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan