Kamar Mandi Tuimin Ngile Jebol Tertimpa Longsor

oleh -314 views
Bersihkan Longsor. bencana alam tanah longsor tersebut menimpa kamar mandi rumah Tuimin (45) warga RT/RW 02/V Dusun Pagerjo, Desa Ngile, Kecamatan Tulakan pada Kamis (30/1/2020) pagi. (Foto: Dok Koramil Tulakan)

Pacitanku.com, TULAKAN – Peristiwa bencana alam tanah longsor kembali terjadi di Pacitan. Kali ini bencana alam tanah longsor tersebut menimpa kamar mandi rumah Tuimin (45) warga RT/RW 02/V Dusun Pagerjo, Desa Ngile, Kecamatan Tulakan pada Kamis (30/1/2020) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Informasi dari Babinsa Ngile, Koramil 0801/08 Tulakan yang diperoleh Pacitanku.com, awalnya terjadi hujan deras di kawasan Kecamatan Tulakan sejak rabu (29/1/2020) tengah malam.

Akibat hujan tersebut, pada Kamis (30/1/2020) pagi sekitar pukul 04.00 WIB, tebing  belakang kamar mandi rumah Tuimun longsor dengan ketinggian 4 meter, lebar 6 meter. Akibat kejadian tersebut, dinding kamar mandi jebol dan rusak tertimbun material longsor dengan kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 3 juta.

Baca juga: Badan Jalan Tertutup Longsor, Jalur Tegalombo-Bandar Lewat Kledung tak Bisa Dilewati Mobil

Pada kamis pagi, masyarakat sekitar bersama Kapolsek Tulakan dan Bhabinkamtibmas, Kasitrantib Tulakan, Kepala Desa Ngile dan Kepala Dusun Pagerjo mendatangi tempat kejadian dan bersama sama membersihkan material longsor.

Peristiwa tersebut menambah daftar bencana alam tanah longsor di Pacitan dua hari belakangan. Sebelumnya pada Rabu (29/1/2020) kemarin, terjadi beberapa peristiwa tanah longsor di Pacitan.

Yang pertama tanah longsor di rumah Solikan, warga RT/RW 02/IV Dusun Jatiroto, Tumpuk, Bandar yang mengakibatkan dinding rumah jebol. Di hari yang sama, longsor juga terjadi di RT/RW 02/I Dusun Krajan, Desa Wonosobo, Kecamatan Ngadirojo, dimana tanah longsor menimpa sebagian rumah milik warga atas nama Wiwit Utomo

Di wilayah Arjosari, talud penahan saluran irigrasi sepanjang 10 meter dengan tinggi 2 meter jebol di Dusun Siderejo, Desa Gayuhan, Kecamatan Arjosari pada Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 13.45 WIB.

Sehari berselang, pada Kamis (30/1/2020), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melalui Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Aswin Rika Wijaya beserta TRC BPBD Pacitan menyalurkan logistik glangsing sebagai tanggul sementara sebelum talud diperbaiki permanen.

Selain di wilayah Arjosari, tanah longsor juga terjadi di ruas jalan Tegalombo ke Bandar di wilayah Dusun Bari, Desa Tegalombo, Pacitan pada Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tanah tebing dengan tinggi 7 meter lebar 4 meter longsor dan menutup seluruh badan jalan yang menghubungkan Desa Tegalombo Kecamatan Tegalombo dengan Desa Kledung Kecamatan Bandar.

Akibat kejadian tersebut, kendaraan roda empat tak bisa melewati jalur alternatif tercepat dari Tegalombo menuju Bandar tersebut. Jalur tersebut kini sementara hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.