Ini Alasan Indartato Bangun Gedung Perpustakaan di Jantung Kota Pacitan

oleh -13444 views
Lokasi pembangunan gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip. (Foto: Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato saat ini tengah berencana membangun gedung perpustakaan di jantung kota Pacitan. Gedung tersebut direncanakan dibangun di lahan bekas hotel Pacitan di Jalan Ahmad Yani. 37 Pacitan.

Anggaran senilai Rp 3,4 miliar yang merupakan anggaran non budgeter dari pusat tersebut diperuntukkan pembangunan gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip serta fasilitas penunjang lainnya.

Lalu apa alasan Indartato membangun gedung Perpus di pusat keramaian? Saat berbincang dengan Pacitanku.com, Sabtu (25/1/2020), Indartato mengatakan kawasan alun-alun tersebut merupakan sebuah pusat keramaian yang perlu disikapi.

Sehingga, supaya untuk lebih bermanfaat lagi, dan sekaligus kita buatkan perpustakaan yang dekat dengan ibu kota Kabupaten, alun-alun dan sekaligus dekat dengan sekolah.

Baca juga: Pemkab Pacitan Bangun Gedung Perpustakaan dengan Dana Rp3,4 M

Sebagai pemimpin daerah, Indartato  mengharap dengan tujuan khusus, mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan serta mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.              

Tak hanya itu, Indartato juga mengatakan adanya Perpustakaan tersebut adalah sebagai sarana mengembangkan minat untuk mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.

Kemudian juga meletakan dasar-dasar ke arah belajar mandiri dan juga memupuk minat dan bakat dalam mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri.                                                                         

Sehingga, kata Indartato, dengan demikian jelas bahwa tujuan diselenggarakan perpustakaan bukan sekedar menyimpan dan mengumpulkan bahan pustaka, akan tetapi perpustakaan diharapkan bagi siswa mampu mengembangkan daya pikirnya dan hasil membaca yang diperoleh dari bahan pustaka yang ada diperputakaan.

“Harapan saya, tujuan perpustakaan ini dapat membantu para siswa dan memberikan bekal kemampuan dasar serta mempersiapkan mereka untuk menjadi anak yang penuh dengan wawasan,”katanya.

Rencana pembangunan gedung perpustakaan itu, imbuhnya, merupakan dana  pusat yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK)  sebesar Rp 3,4 miliar, dimana Pemkab hanya menyediakan lahan dengan seluas  1500 meter.

Indartato dan Sekda Heru Wiwoho. (Foto: Agus Hermawan)

“Awalnya lahan tersebut dibangun dan akan dipergunakan sebagai lahan parkir, akan tetapi dengan sebuah pertimbangan yang ada, pembangunan  gedung perpustakaan akan tetap dilanjutkan, toh sisa dari bangunan gedung bisa dimanfaatkan untuk tempat parkir,” tutur Indartato.

Sementara, Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra juga ikut menambahkan, kehadiran perpustakaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pacitan.

Beberapa manfaat dari keberadaan perpustakaan ini, kata Heru, adalah agar mampu merangsang minat membaca bagi siswa.

“Semangat membaca merupakan sumber pengetauhan yang paling besar dan bisa mendapatkan informasi yang barangkali belum pernah dilihat atau didengarnya secara lengkap dan akurat,” kata Heru.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan