Mantan Relawan Indartato Apresiasi Tugu Penceng Pacitan

oleh -13818 views
Tugu Penceng Pacitan.(Foto: Shultan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Ketua dan pendiri relawan Satukan Tekad Indartato Sukses (Segaris), Sukatno, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Pacitan yang telah mendirikan tugu Parasamnya Purna Karya Nugraha di perempatan Penceng.

Meski banyak menuai kritikan dan cacian, namun menurut dia, tugu yang dibangun dari APBDP tahun anggaran 2019 lalu tersebut, tetap berdiri gagah dan menyiratkan kesan monumental.

“Memang banyak kritikan mendera dari para netizen di beberapa jejaring media sosial soal keberadaan tugu tersebut. Ada yang berpendapat kurang tinggilah, kurang ini dan itulah, namun tak akan memengaruhi kesan monumental yang ada dari bangunan tersebut. Itu sebagai bukti kepedulian Pemkab Pacitan untuk mengapresiasi keberhasilan pemerintah dan masyarakat selama ini,” ujar Sukatno saat dihubungi melalui ponselnya, Rabu (22/1/2020).

Pria yang juga aktif sebagai pengurus DPC Partai Demokrat Pacitan ini mengatakan, setiap kebijakan dipastikan akan menuai pro dan kontra.

“Ketika pemerintah berbuat baik, mungkin jarang atau bahkan tak ada masyarakat yang memberikan puja dan puji. Namun ketika pemerintah sedikit ada kekurangan, hujatan pun datang seperti air bah. Nah pemikiran seperti inilah yang harus kita rubah. Kalau pemerintah ada prestasi, mari kita juga ikut memberikan apresiasi dan sebaliknya. Mari kita kritisi dan berikan solusi kalau ada pemerintahan yang masih kurang pas,” jlentrehnya.

Terkait tugu di Penceng, Sukatno lebih memberikan penilaian positif, lantaran sudah tidak adanya nilai komersialnya. Dulu sebelum dibangun tugu, merupakan media pemasangan reklame.

 “Disitu jelas ada nilai komersial. Tapi sekarang ini pemerintah merubah menjadi bangunan bernilai historis tinggi dan monumental,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan