Percepat Pembangunan Daerah, Pacitan Jalin Kerjasama dengan Unmer Madiun

oleh -13467 views
KERJASAMA. Pemkab Pacitan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Merdeka (Unmer) Madiun. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan  Universitas Merdeka (Unmer) Madiun di ruang Bupati Pacitan pada Selasa (21/1/2020).          

Penandatangangan MoU dilakukan Bupati Pacitan, Indartato dengan Rektor Universitas Merdeka Madiun Luluk Sulistyo Budi disaksikan oleh pemerintah pejabat lingkup pememrintah dan para jajaran Universitas.                                             .                                            

“Penandatanganan kesepahaman terhadap Universitas Merdeka ini merupakan upaya mewujudkan percepatan pembangunan Daerah Kabupaten Pacitan, melalui peran dan kontribusi dari Universitas Merdeka dengan mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, tentunya saya sangat mengharapakan kerjasama ini segera ada tindak lanjut,”kata Indartato.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk pengembangan dan peningkatan SDM, pendampingan masyarakat, penelitian dan studi kelayakan, pertukaran informasi, serta penelitian dan pengembangan di Pacitan.

Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Kabupaten Pacitan ini, agar OPD bisa memanfaatkan kerjasama dengan sebaik – baiknya, Selain taat hukum, kita membutuhkan terobosan – terobosan yang inovatif demi kesejahteraan rayat,” lanjut Bupati.             .                                             .

“Mengembangkan model-model pembangunan daerah dengan mempertimbangkan sektor-sektor unggulan, yang dapat diangkat dan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, terutama untuk merumuskan program yang relevan dengan kondisi lokal dan masyarakat setempat”, terang Indartato.

Indartato berpesan agar seluruh civitas Unmer memantapkan kegiatan pengabdian masyarakat. Dengan cara membuat program kegiatan yang bisa mengembangkan ekonomi rakyat, ini amat penting karena masyarakat di daerah, secara sosial ekonomi masih tergolong lemah.

Program tersebut akan semakin mantap bila didukung oleh lembaga kajian yang menelaah mengenai masalah-masalah sosial ekonomi masyarakat.

“Antara pemerintah dan seluruh civitas Universitas Merdeka  harus aktif membangun SDM yang berkualitas dengan selalu meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat, karena membangun sumberdaya manusia berkualitas ini mempunyai makna sangat strategis bagi pembangunan daerah untuk jangka panjang,” ujar Indartato

Di akhir pertemuan, Bupati Pacitan meminta agar segera menyusun langkah-langkah untuk senantiasa bersinergi untuk pembangunan yang cemerlang, gemilang dan terbilang kepada pembangunan di Kabupaten Pacitan.

Rektor Universitas Merdeka Madiun, Luluk Sulistyo Budi, mangatakan kerjasama itu merupakan pengulangan saja.

Luluk mengatakan sebelumnya antara Pemkab Pacitan dan Umer pernah mejalin kerja sama, namun dikarenakan ada sesuatu alasan, kerjasama tersebut tetap berlanjut.

“Ini merupakan bentuk bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya nanti adalah pengabdian mansyarakat, dengan tandatangan kesepahaman kerjasama ini, Umer Madiun siap membantu Kabupaten Pacitan bila selalu dibutuhkan, dan tahun ini pula, pengabdian masyarakat mahasiswa Umer sudah mulai dirintis, dengan puluhan mahasiswa telah turun melakukan KKN di Wilayah Pacitan,”katanya.

Pewarta: Agus Hermawan
Sumber: Humas Pemkab Pacitan