Delapan Desa di Pacitan Masuk Area tak Ada Sinyal Sama Sekali

oleh -475 views
Ilustrasi tak ada sinyal

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pacitan, Rachmad Dwiyanto menyebut sebanyak delapan desa di Kabupaten Pacitan masuk dalam kategori blank spot atau area yang tidak tersentuh sinyal komunikasi.

Menurut Rachmad, paling banyak area blank spot ada di Kecamatan Pringkuku. Disusul kemudian, Kecamatan Punung, Sudimoro dan Nawangan.

“Hasil pendataan kami bukan hanya enam desa, namun delapan desa yang saat ini masih dalam kategori terisolir dari jaringan data internet,” kata Rahmad saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (21/1/2020).

Selain itu, Rachmad juga mengatakan sebanyak 81 desa lainnya, sekalipun terjangkau sinyal data namun sangat lemah.

“Jauh hari sebelum kunjungan Menteri Desa PPDT, Diskominfo bersama Pak Wabup sudah mendatangkan PT Telkom ke Pacitan guna melakukan survei lapangan. Hasilnya memang delapan desa itu yang masih blank spot area. Dan 81 desa lainnya lemah sinyal,” tuturnya.

Rachmad berharap, program smart village yang digagas Bupati Pacitan Indartato, dan Menteri Desa dan PDTT akan bisa terwujud di Pacitan. Utamanya di delapan desa yang saat ini masih blank spot area tersebut.

“Setidaknya separo desa bisa terealisasi sudah sangat membantu masyarakat desa setempat. Utamanya untuk akses perdagangan, pendidikan dan kebutuhan lainnya. Sebab dengan jaringan internet semua informasi akan mudah didapat,” harap mantan Kepala Dinas Kesehatan ini.

Ia mengakui, untuk membangun infrastruktur yang memadai memang diperlukan anggaran tak sedikit. Untuk itulah peran pemerintah pusat sangat dibutuhkan.

“Setidaknya disetiap kantor desa sudah bisa terakses jaringan data. Kalau disemua rumah penduduk jelas tidak mungkin, sebab biayanya sangat mahal,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan