Satuan Kerja Bawaslu Pacitan Tak Kunjung Terbentuk

oleh -13690 views

Pacitanku.com, PACITAN –  Meski sudah berubah menjadi lembaga tetap, namun satuan kerja (satker) Bawaslu Pacitan belum terbentuk.

Hingga saat ini, kesekretariatan lembaga pengawas pemilu itu masih dipimpin oleh seorang Koordinator Sekretaris (Korsek).

Korsek Bawaslu Pacitan, Sudaryono, mengatakan, satker Bawaslu untuk sementara waktu baru terbentuk di level pusat dan provinsi. “Di kabupaten/kota memang belum (terbentuk Satker),” ujar Sudaryono, Senin (13/1/2020).

Menurut Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga bertugas di Bakesbangpol ini, satker Bawaslu kalau sudah terbentuk akan dipimpin oleh seorang sekretaris dengan jabatan eselon III A, untuk level kabupaten/kota.

Sementara, provinsi pejabat eselon II dan pusat dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal atau pejabat eselon I.

Korsek Bawaslu Pacitan, Sudaryono (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Kita masih menunggu petunjuk dari Bawaslu provinsi maupun pusat. Saat ini memang satker belum terbentuk,” tuturnya.

Sementara itu, sampai detik ini di kesekretariatan Bawaslu Pacitan hanya terisi dua personil berstatus PNS. Satu orang merupakan korsek dan satunya lagi bendahara.  Selebihnya merupakan tenaga teknis non PNS.

Bawaslu Pacitan sendiri saat ini tengah mempersiapkan agenda pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan yang direncanakan digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan