Desa Ngadirojo Siap Maju Tingkat Nasional Lomba Kesatuan Gerak PKK–KKBPK Kesehatan Kategori PHBS

oleh -13923 views
drg. Fitria Dewi, Msi, saat penilaian lapang di Desa Ngadirojo, Selasa (7/01/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo kembali masuk nominasi penilaian tingkat provinsi dalam lomba kesatuan gerak PKK –KKBPK Kesehatan kategori PHBS. Keikutsertaan desa Ngadirojo merupakan yang kedua setelah pada lomba yang sama di tahun 2019 menyabet juara satu tingkat provinsi.

“Meski pernah juara, Karena ada kebijakan kita tidak maju ke tingkat nasional desa Ngadirojo dapat mengikuti kembali perlombaan” kata ketua tim verifikasi provinsi drg. Fitria Dewi, Msi, saat penilaian lapang di Desa Ngadirojo, Selasa (7/01/2020), seperti dikutip dari Humas Pemkab Pacitan.

Masuknya kembali Desa Ngadirojo dalam perlombaan kategori pola hidup bersih dan sehat (PHBS) tahun ini membuktikan bahwa desa dengan potensi batik itu memiliki semangat dan kemauan keras.

Fitria pun mengapresiasi masyarakat Desa Ngadirojo serta semua pemangku kebijakan. Ia melihat konsistensi ini sebagai bukti bahwa masyarakat di desa ini benar benar telah menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Namun demikian tim penilai lanjut Fitria Dewi masih akan melihat kondisi daerah lain yang juga masuk nominasi penilaian. Yakni, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pamekasan. Ada 10 indikator yang menjadi syarat penilaian PHBS.

Diantaranya Persalinan dengan bantuan tenaga kesehatan, ASI eksklusif, pembiasaan cuci tangan pakai sabun, aktifitas fisik, lingkungan sehat, ketersediaan air bersih, penanganan demam berdarah, ketersediaan jamban sehat serta perilaku sehat lain.

“ Lomba adalah salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat agar mau berperilaku hidup sehat, jadi saya sampaikan terima kasih kepada para kader kesehatan “ ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luki Indartato menyatakan, Desa Ngadirojo sangat siap untuk menjadi wakil Jawa Timur maju ke tingkat nasional.

Apalagi, setahun lalu Desa Ngadirojo sudah menjadi juara satu tingkat provinsi. Istri Bupati Indartato itu pun berharap konsistensi ini berbuah manis dan Desa Ngadirojo kembali meraih yang terbaik.

“Ini menjadi bukti bahwa masyarakat sudah terbiasa menerapkan hidub bersih dan sehat,”kata Luki Indartato.

Untuk mendukung upaya hidup bersih dan sehat Desa Ngadirojo memiliki inovasi unggulan. Antara lain, gerakan minggu bersih, bank sampah, sanitasi total berbasis masyarakat, sosialisasi PHBS, pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat, desa siaga, KRPL serta membentuk juru pengamat jentik (Jumantik) setiap rumah tangga.