Pacitan di Bulan Maret 2019: Bencana Alam Hingga Pemerdayaan Kelompok Inklusi

oleh -13587 views
Wakil Bupati Pacitan menyerahkan bantuan bencana alam pada bulan Maret 2019 lalu.

Pacitanku.com, PACITAN – Pada bulan Maret 2019 yang lalu, kejadian bencana alam kembali melanda Kabupaten Pacitan. Sejumlah kawasan terdampak.

Bupati Pacitan Indartato dan Wakil Bupati Yudi Sumbogo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam di Kecamatan Bandar.

Bantuan berupa paket sembako dan peralatan tidur itu diserahkan langsung kepada para korban. Sebelumnya, hal serupa juga dilakukan bupati pada wilayah-wilayah terdampak. Salah satunya di Kecamatan Arjosari.

Dalam kejadian bencana alam tersebut, dua rumah warga di Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan rusak berat akibat diterjang tanah longsor pada Rabu (6/3/2019). Peristiwa tersebut terjadi setelah hujan deras dengan intensitas tinggi di kawasan itu.

Bencana tanah longsor di Desa Watupatok setidaknya menimpa dua rumah warga dan menutup akses jalan yang menghubungkan Desa Jeruk, Desa Bangunsari dan Desa Bandar.

Pemberdayaan Kelompok Inklusi

Bupati Pacitan membantu kelompok inklusi di Pacitan.

Di bulan Maret 2019, kesungguhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk merangkul dan memberdayakan kelompok inklusi segera diimplementasikan.

Setelah melibatkan mereka pada proses Musrenbang tahun 2020, kali ini Bupati Indartato bersama jajarannya menyambangi keluarga penderita disabilitas. Tepatnya dalam agenda tilik warga di Desa Losari dan Bubakan, Kecamatan Tulakan.

Di bidang pendidikan, guna mengentaskan pendidikan anak berkebutuhan khusus, pemkab sendiri menggandeng Unesa Surabaya. Sebagai bagian dari kewajiban pemerintah untuk memajukan kehidupan masyarakat.