Peringatan Hari Jadi Pacitan Tahun 2019 Digelar dengan Sederhana

oleh -13629 views

Pacitanku.com, PACITAN – Memasuki bulan Februari 2019 yang lalu, keprihatinan masih meliputi Hari Jadi Pacitan.

Suasana sederhana dan tanpa perayaan berlebih masih berlangsung pada peringatan ke-274 tahun itu. Penyebabnya karena pemerintah daerah belum dapat sepenuhnya memulihkan kondisi pasca banjir bandang penghujung November 2017 lalu.

Meski berlangsung sederhana, menurut Bupati hal tersebut tidak mengurangi makna peringatan itu sendiri. Yakni sebagai pengingat sekaligus ajang evaluasi, serta instrospeksi dalam menjalankan pemerintahan.

Saat itu, dalam sambutannya Bupati Pacitan Indartato mengatakan, untuk mengucap rasa syukur kepada Allah, Bahwasannya kita tahun ini masih di beri kesehatan dan keselamatan serta bisa memperingati Hari Jadi Pacitan yang ke 274.

Bupati mengatakan walau pelaksanaan Hajatan tahun ini tidak bisa di lakukan secara meriah namun yang yang terpenting adalah kita selalu mengucapkan rasa syukur.

“Walau peringatan hari jadi ini kita gelar secara sederhana namun yang kita ambil adalah makna dari peringatan tersebut dengan rasa syukur dan hati yang tulus, Harapannya dengan rasa syukur itu Kabupaten Pacitan tetap gemah ripah loh jinawi, ayem tentrem karto raharjo,”ucap Bupati Saat acara Atur tirto Wening di Pendopo Kabupaten, Selasa (19/2/2019).

Meski berlangsung sederhana, menurut Bupati hal tersebut tidak mengurangi makna peringatan itu sendiri. Yakni sebagai pengingat sekaligus ajang evaluasi, serta instrospeksi dalam menjalankan pemerintahan.

Memang selama dua tahun ini perayaan hari jadi di laksanakan tidak semeriah pada beberapa tahun lalu, Suasana sederhana tanpa ada prosesi arak-arakan di karenakan Pemerintah Daerah belum dapat sepenuhnya memulihkan kondisi pasca musibah pada penghunjung November 2017 lalu.

“Mengapa prosesi yang kita buat sekarang tidak semeriah dulu, Karena hingga saat ini kita  belum bisa sepenuhnya memulihkan kerusakan akibat bencana banjir bandang serta tanah longsor,” ujar Bupati Indartato usai prosesi hari jadi.