Polres Pacitan Siap Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020

oleh -13874 views
Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi Kamis (19/12/2019) di alun-alun Pacitan memimpin gelar pasukan operasi lilin semeru 2019. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Pacitan menggelar 350 pasukan gabungan “Operasi Lilin Semeru 2019” dan Aman Nusa II untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Gelar pasukan TNI/Polri, dan sejumlah instansi terkait yang terlibat dalam operasi kemanusiaan yang dijadwalkan berlangsung 10 hari terhitung mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 itu ditandai dengan apel yang dipimpin Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi Kamis (19/12/2019) di alun-alun Pacitan.

Menurut Kapolres, pasukan gabungan tersebut akan disebar ke sejumlah pusat kegiatan masyarakat terkait perayaan Natal dan Tahun Baru serta daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dengan adanya pasukan gabungan di tengah-tengah masyarakat melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selama berlangsungnya operasi dengan sandi “Operasi Lilin Semeru 2019” seluruh stakeholder diajak untuk berinovasi dan berkreasi guna mewujudkan kamtibmas serta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang lebih kondusif.

Dengan kondisi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, diharapkan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan aman, dan nyaman.

Menurut Kapolres, apel gelar pasukan ini dalam rangka pengecekan terakhir terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan, berikut perlengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Dia menuturkan, beberapa ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga keburuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweepping oleh ormas.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan moment berlibur dari sebagian besar masyarakat di Indonesia, karena itu diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta muculnya titik konsentrasi massa di tempat tertentu seperti, tempat wisata, tempat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, terminal dan tempat – tempat lain,”katanya saat membacakan amanat dari Kapolri.

Kapolres berharap Operasi Lilin 2019 dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan oleh personil terkait.

Hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan tersebut Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Wakapolres Pacitan Kompol Sunardi, Kepala Dinas Perhubungan Pacitan Wasi Prayitno, Pasi Intel Dim 0801/ Pacitan Kapten Kav.Dadut Setiyawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo.

Hadir juga Kabid Linmas Satpol PP Pacitan Samsul Hadi, Kabid Kewaspadaan Bakesbabgpol Juri, Kaepala Ditjen Perhubungan Darat Pacitan Suyono, Ketua MUI dan FKUB Pacitan KH Aris Mas’udi, Ketua PPDI Pacitan Syamsudin beserta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.