Cantiknya Mini Raja Ampat di Pantai Kasap Pacitan

oleh -1.254 views
Wisatawan berfoto gaya dab di pantai kasap. (Foto via IG @senodananda)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Kabupaten Pacitan tak pernah berhenti menyajikan pesona alamnya yang Indah. Salah satu keindahan tersebut terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, yakni Pantai Kasap.

Yang menjadi daya tarik, di Pantai Kasap ini terdapat sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan beberapa gugusan pulau hijau. Padang rumput hijau di atas bukit tersebut menawarkan pesona yang serupa dengan kawasan Painemo di Raja Ampat.

Nah, untuk menikmati panorama tersebut, Anda silahkan menuju ke kawasan wisata Watukarung. Sebab kawasan Pantai Kasap ini masih satu area dengan 12 pantai lain di Desa Watukarung yang kemudian dinamakan Kawasan Wisata Watukatung.

Wayang of Raja Ampat . (c) Shutterstock

Pantai Kasap terletak lokasinya tak jauh dari Pantai Watukarung. Pantai Kasap yang berupa perbukitan ini dikelilingi oleh beberapa obyek wisata lainnya, yakni Kali Cokel, Pantai Banteng Mati dan Pantai Denombo di sisi timur. Kemudian di sisi barat ada Pantai Jantur.

Nah, jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Kasap, Anda harus naik ke bukit di sebelah pantai ini dengan melewati jalan setapak yang sudah ditata rapi dengan bebatuan sekitar 15 menit.

Pengelola setempat rupanya menyengaja agar kendaraan diparkir agak jauh untuk bisa berjalan kaki menuju ke Pantai Kasap. Nah, di sepanjang jalan itu terdapat beberapa warung, homestay hingga toilet.

Sesampainya di atas bukit anda akan di manjakan dengan pemandangan yang cukup keren yaitu beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut. Inilah yang kemudian banyak orang menyebut kawasan ini mirip dengan Raja Ampat. Panorama sunset di sore hari pun jadi alasan banyak warga datang jauh-jauh dari lua kota buat main ke Pantai Kasap.

Untuk semakin mempercantik kawsan raja ampatnya Pacitan, pengelola Pantai Kasap oleh Desa setempat terus bersolek untuk menampilkan keindahannya. Pengelola setempat menambahkan sejumlah spot menarik, seperti gardu pandang dan spot swafoto di bagian bukit Pantai Kasap.

Spot foto di Pantai Kasap. (Foto: Wiwid Peni Dwiantari)

Sejumlah spot terbaru yang dibangun tersebut adalah Gardu pandang yang dibuat dari kayu, lengkap dengan tangga dan jembatan kecil di atasnya. Spot foto lain adalah semacam gerbang yang dibuat dari tumpukan akar dan dahan pepohonan, juga ada café di bukit tersebut.

Dengan adanya spot terbaru tersebut, keindahan dan keelokan Pantai Kasap semakin terasa. Berada di atas gardu pandang, pengunjung dapat menikmati dengan bebas keindahan panorama pantai-pantai serta pulau kecil di sekeliling bukit yang dikenal dengan raja ampatnya Pacitan ini.

Nah, momen lembayung senja menjadi momen paling keren dan paling ditunggu. Saat inilah menjadi saat-saat dimana Anda merasakan sensasi matahari rona kemerahan di belakang pulau-pulau kecil di lautan lepas Pacitan. Indah sekali. Jadi, Anda sudah pernah berkunjung ke Pantai Kasap? Jangan lupa jaga kebersihan pantainya ya.

Video Mini Raja Ampat di Pacitan