LSM GMAS Siap Awasi Jalannya Pemerintahan di Pacitan

oleh -496 views

Pacitanku.com, PACITAN – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Masyarakat Adil Sejahtera (GMAS) resmi dideklarasikan pada Minggu (17/11/2019) di gedung DPRD Pacitan jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 22 Pacitan.

Ketua LSM GMAS Badrul Amali yang juga pengacara muda Pacitan mengatakan lembaga tersebutmerupakan pengembangan dari sebuah organisasi non pemerintah (OMOP) atau bisa disebut sebagai lembaga non govermment organization (NGO).

“Jadi Gmas ini sebuah organisasi diluar pemerintah, diluar birokrasi, tujuannya bisa membantu kinerja pemerintah bahkan akan ikut mengawasi jalannya pemerintahan agar tidak menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan,” tandasnya.

Menurut Badrul, GMAS merupakan sebuah organisasi yang memiliki beberapa ciri dimana bukan bagian dari pemerintah maupun birokrasi, pendanaannya juga tidak terkait dengan pemerintah.

Dikatakan Badrul, organisasi tersebut dalam mencapai tujuannya tidak berorientasi pada laba atau profit belaka, melainkan karena adanya tujuan tertentu yang berguna bagi masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan yang akan dilakukan oleh GMAS tersebut akan menguntungkan bagi masyarakat umum, tidak hanya menguntungkan bagi para anggotanya saja, LSM GMAS lahir dengan lima kekuatan, Kekuatan satu komando, Kekuatan patuh dan taat, kekuatan kebersamaan, Kekuatan kode etik lembaga, dan kekuatan massa,” kata Badrul.

Saat ini, ungkap dia, di Indonesia konon terdapat kurang lebih 10.000 lembaga swadaya masyarakat yang ikut berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintah terutama pada ranah politik.

Menurutnya, perkembangan jumlah lembaga swadaya masyarakat ini disinyalir akan terus merangkak dengan cepat , bukan hanya pada tingkat propinsi saja, namun juga ke tingkat Kabupaten. Beberapa faktor yang mendukung perkembangan LSM ini antara lain, karena perkembangan dalam bidang politik, demokrasi, pembangunan ekonomi, tehnologi dan semakin banyak warga Indonesia yang lulusan sarjana.

“LSM GMAS bertujuan dengan menjalankan fungsinya, fungsi GMAS adalah sebagai wadah organisasi yang akan menampung, mengelola, memproses, dan melaksanakan semua aspirasi dari masyarakat dalam bidang pembangun terutama pada bagian yang sering kali tidak mendapat perhatian dari pemerintah. GMAS juga akan ikut menumbuhkembangkan jiwa dan semangat serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan, ini merupakan salah satu dari fungsi utama pembentukan LSM GMAS ,” lanjutnya.

Terpisah, Sekretaris LSM GMAS Yosi mengatakan pihaknya akan ikut ambil bagian dalam melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan.

“Dalam hal ini LSM GMAS akan memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan. GMAS juga harus ikut aktif dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat,”kata Yosi.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan