Kondisi Rusak Parah, Puluhan Pemuda Inisiatif Perbaiki Jalan Tegalombo-Tulakan

oleh -1.081 views
Kerja bakti memperbaiki jalan rusak yang menghubungkan kecamatan Tegalombo-Tulakan di Desa Tegalombo pada Rabu (30/10/2019). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Tak kurang dari 30 pemuda dan komunitas pengemudi truk atau akrab disapa ‘Bolo Roda’ di wilayah Desa Kasihan dan Desa Tegalombo, Kecamatan Tegalombo berinisiatif kerja bakti memperbaiki jalan rusak yang menghubungkan kecamatan Tegalombo-Tulakan pada Rabu (30/10/2019).

Sebagai informasi, jalur tersebut adalah jalur strategis yang menghubungkan dua kecamatan di Pacitan, yakni Kecamatan Tegalombo dan Kecamatan Tulakan. Namun kondisi rusak membuat jalur yang sudah cukup ekstrem tersebut menjadi semakin sulit untuk dilewati.

Banyak terdapat lubang menganga di sejumlah titik dan kondisi drainase yang tergerus sehingga hal itu membahayakan para pengendara yang melewati kawasan tersebut.

Ditambah, kondisi musim kemarau membuat jalur tersebut berdebu sehingga menyulitkan pengendara yang hendak melintas.

Para pemuda tersebut sejak Rabu pagi mulai melakukan penambalan jalan-jalan yang berlubang di kawasan tersebut dengan membeli satu drum aspal untuk menambal jalan yang mengalami kerusakan yang cukup parah di kawasan tersebut.

Para pemuda tersebut dengan kompak menambal jalan, sementara di titik lain, para pemuda ada yang bertugas untuk mengatur lalu lintas saat proses perbaikan berlangsung.

Dengan alat ala kadarnya, mereka dengan kompak menambal jalan yang berstatus jalan provinsi tersebut. Bahkan mereka menggunakan kendaraan jenis four wheel drive (4WD) untuk menghaluskan jalan yang sudah diaspal.

Saiful Adi Arwanto, salah satu pegiat bolo roda saat dihubungi Pacitanku.com lewat sambungan telepon mengatakan aksi tersebut dilakukan mengingat jalan yang berada di perbatasan Desa Tegalombo dan Desa Kasihan di Kecamatan Tegalombo tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Tadi diikuti sekitar 30 orang pemuda dan para bolo roda, para sopir truk di wilayah sini mas, tadi di mulai dari kawasan tikungan Selang, sampai di perbatasan Desa Kasihan di lingkungan Grasak, Dusun Klitik, aspalnya cukup cuma sampai situ,”katanya.

Secara khusus, Saiful menyampaikan terimakasih kepada para donator yang telah membantu kegiatan sosial tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para donator yang telah membantu perbaikan jalan ini,”pungkas Saiful.

Pewarta: Dwi Purnawan