SMKN 1 Pacitan Raih Juara 1 Gelar Karya Film Pelajar Kemendikbud

oleh -134.201 views
Annisa Priyanti. (SMKN 1 Pacitan) pemenang kategori penulisan skenario terbaik GKFP 2019. (Foto: Tangkapan layar TVRI Nasional)

Pacitanku.com, PACITAN – Annisa Priyanti, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pacitan ini sedang berbahagia. Pasalnya, dirinya berhak menjadi juara pertama atau yang terbaik dalam Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan (Pusbang) Perfilman.

Annisa berhasil menjadi juara 1 untuk kategori penulisan skenario film pendek dokumenter terpilih.

Perempuan berhijab ini berhasil menjadi juara setelah skenario film garapan dirinya dan teman-temannya di SMKN 1 Pacitan berjudul ‘Tarikan Nafas Dangkal‘ menjadi yang terbaik diantara para finalis lainnya.

Annisa berhasil mengalahkan sejumlah nominator lain untuk kategori ini, diantaranya film berjudul “Sambatan” karya Aan Bagas Pangestu dan Imam Syamsul dari SMMK Nurussalaf Kemiri Purworejo dan ‘Pe(cina)an‘ karya Galih Cahyo Nugroho dari SMK Umar Fatah Rembang.

“Terimakasih kepada kedua orang tua saya, guru-guru yang telah membimbing saya selama ini, dan terimakasihkepada teman-teman dan rekan-rekan saya semuanya, saya bisa berdiri disini,”kata Annisa saat memberikan sambutan dalam tayangan video yang diunggah TVRI Nasional pada Senin (28/10/2019) malam.

Atas prestasi tersebut, Annisa berhak mendapatkan uang pembinaan dari panitia GKFP Kemendikbud RI 2019 sebanyak Rp 12,5 juta.

Baca juga: Film Pelajar Pacitan Jadi Finalis GKFP Kemendikbud 2019

Sebelumnya diketahui, setidaknya ada ada tiga kategori dimana di dalam tiga kategori tersebut SMKN 1 Pacitan masuk menjadi nominasi atau finalis. Yang pertama adalah kategori Film Pendek Dokumenter Terpilih, dimana film Tarikan Nafas Dangkal buah karya dari SMKN 1 Pacitan masuk menjadi salah satu finalis.

Kategori kedua adalah Penyutradaraan Film Pendek Dokumenter Terpilih dimana Ria Anung Anuwat  dari SMKN 1 Pacitan masuk menjadi salah satu finalis. Sementara yang ketiga adalah kategori Penulisan Skenario Film Pendek Dokumenter Terpilih yakni Annisa Priyanti  juga dari SMKN 1 Pacitan.

Pada akhirnya, Pacitan berhasil mempersembahkan kemenangan setelah film Tarikan Nafas Dangkal buah karya dari SMKN 1 Pacitan dinobatkan sebagai pemenang nominasi penulisan skenario film pendek dokumenter terpilih.

Sebagai informasi, pada tahap awal pembukaan sampai penutupan GKFP 2019, terdapat terdapat sebanyak 175 film pendek fiksi dan 36 film pendek yang didaftarkan. Selanjutnya, film-film tersebut masuk tahap seleksi oleh tim ahli yang terdiri Titien Watimena, Prita Gita Arianegara, Gritte Agatha, Wicaksono Wisnu Legowo, dan Gita Fara. Dari penjurian itu, terjaring 15 film pendek fiksi dan 15 film pendek dokumenter.

15 karya film pendek fiksi dan film pendek dokumenter tersebut kemudian akan diadu kembali untuk menentukan pemenangnya berdasarkan kategori film terpilih, sutradara terpilih dan penulis skenario terpilih. Pemenang dinilai oleh tim penjurian yang terdiri oleh Garin Nugroho, Sheila Timothy dan Yudi Datau.

Berikut hasil Gelar Karya Film Pelajar 2019:

  1. Pemenang Nominasi Penulisan Skenario Film Pendek Dokumenter Terpilih disabet film Tarikan Nafas Dangkal (SMKN 1 Pacitan)
  2. Pemenang Nominasi Penulisan Skenario Film Pendek Fiksi Terpilih disabet film Bidak (SMK Mutlimedia Suabangsih).
  3. Pemenang Nominasi Penyutradaraan Film Pendek Dokumenter Terpilih disabet film Pe(cina)an (SMK Umar Fatah, Rembang)
  4. Pemenang Nominasi Penyutradaraan Film Pendek Fiksi Terpilih diraih oleh film Neka (SMAN 6 Bogor).
  5. Pemenang Nominasi Film Pendek Dokumenter Terpilih disabet Pesona Keindahan Garis-Garis yang Terpadu Dalam Kain (SMAN 2 Klaten, Jawa Tengah)
  6. Pemenang Nominasi Film Pendek Fiksi Terpilih diraih film Kritis (SMAN 2 Semarang).