Semaraknya Gebyar Seni Kethek Ogleng 2019 di Monumen Jenderal Soedirman

oleh -982 views
Gebyar Seni Kethek Ogleng pada Ahad (27/10/2019) di Nawangan. (Foto: Marji/Pacitanku)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Pagelaran seni budaya Gebyar Seni Kethek Ogleng kembali digelar pada Ahad (27/10/2019) di kawasan Monumen Jenderal Soedirman, Dusun Menur, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan. Agenda ini sekaligus digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Seni Kethek Ogleng yang ke-57 tahun.

Ratusan penari Kethek Ogleng menggelar pertunjukan kolosal dalam rangkaian peringatan 57 tahun tari Kethek Ogleng.

Baca juga: Ratusan Penari Semarakkan Peringatan 55 Tahun Kethek Ogleng

Ratusan penari yang merupakan para pelajar dari berbagai sekolah di Kecamatan Nawangan tersebut menunjukkan atraksi yang memukau para pengunjung di Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman, Bukit Gandrung, Desa Pakisbaru, kecamatan Nawangan.

Tak kurang dari seribuan penari Kethek Ogleng turut hadir dan menyemarakkan agenda yang digelar tahunan tersebut. 

Gebyar Seni Kethek Ogleng pada Ahad (27/10/2019) di Nawangan. (Foto: Marji/Pacitanku)

Camat Nawangan Sukarwan, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan ulang tahun seni kethek Ogleng ke-57 yang merupakan kesenian asli dari Desa Tokawi Nawangan dan Mbah Sutiman merupakan pendiri tari Kethek Ogleng.

“Saya berharap kesenian ini  jangan sampai hilang atau luntur supaya masyarakat Nawangan bisa terus melestarikan kebudayaan ini dan mudah-mudahan ke depan bisa masuk dalam dalam muri sebagai kebudayaan lokal,”katanya.

Sementara itu Danramil  0801/05 Nawangan Kapten Subari dalam siaran persnya yang diterima Pacitanku.com, Senin (28/10/2019) turut mengapresiasi digelarnya seni budaya tersebut.

Gebyar Seni Kethek Ogleng pada Ahad (27/10/2019) di Nawangan. (Foto: Marji/Pacitanku)

Baca juga: Begini Gayengnya Seni Kethek Ogleng 2018 di Mojensu

Dia mengatakan diharapkan warga Pacitan semakin mencintai kebudayaan kethek ogleng  yang merupakan budaya lokal kabupaten Pacitan.

“Selain mengenalkan budaya kethek ogleng ke generasi muda acara ini juga mengenang sejarah masa lalu yang ada di kecamatan Nawangan yang merupakan wilayah Koramil 0801/05 Nawangan Kodim Pacitan,”katanya.

Ratusan penari  Khetek Ogleng dari sanggar tari Condro Wanoro menghibur tak kurang dari seribu masyarakat yang hadir. Tak hanya Kethek Ogleng, kegiatan dilanjutkan dengan persembahan kesenian budaya lain, baik dari Nawangan maupun dari wilayah lainnya.

Agenda festival seni budaya tahunan ini sudah digelar kesekian kalinya di Kecamatan Nawangan sejak tahun 2017 yang lalu.

Baca juga: Kethek Ogleng Pacitan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2019

Sebagaimana diketahui, Kethek Ogleng ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) nasional oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2019. (Marji/RAPP002)