Polres-Kodim 0801/Pacitan Turut Bantu Amankan Pelantikan Presiden RI

oleh -261 views
Agenda pengamanan tersebut diawali dengan apel gelar pasukan yang diikuti anggota dari Kodim 0801/Pacitan dan anggota Polres Pacitan pada Kamis (18/10/2019). (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor Pacitan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan turut dalam prosesi pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada Ahad (20/10/2019) di Jakarta.

Agenda pengamanan tersebut diawali dengan apel gelar pasukan yang diikuti anggota dari Kodim 0801/Pacitan dan anggota Polres Pacitan pada Kamis (18/10/2019) lalu di halaman Mapolres Pacitan Jalan A Yani nomor 60 Pacitan.

Pada Apel gelar pasukan tersebut dipimpin Kapolres AKPB Sugandi membacakan amanat Kapolda Jatim.

Dalam amanatnya Kapolda jatim mengatakan kontestasi pemillu tahun 2019 telah sukses di gelar, dan kondisi kamtibmas aecara nasional khususnya di ibu kota Jakarta mengalami peningkatan eskalasi sebagai akibat konflik antar pendukung.

“Namun wilayah Jawa Timur, kondisi kamtibmas relatif kondusif, hal ini merupakan hasil kerja keras segenap komponen yg mempunyai komitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dengan slogan Jogo Jawa Timur,”katanya, seperti dalam siaran pers Kodim 0801/Pacitan yang diterima Pacitanku.com pada Sabtu (19/10/2019) di Pacitan.

Menyikapi perkembangan kamtibmas di jatim, jajaran Polda Jatim bersama TNI dan unsur instansi lainya akan melaksanakan pengamanan imbangan  karena tidak menutup kemungkinan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden akan ber imbas terhadap  situasi di wilayah jawa timur.

Kapolres Pacitan AKBP Sugandi mengatakan tujuan dilaksanakan gelar pasukan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dalam mengantisipasi  dan memelihara kamtibmas kondusif di kabupaten Pacitan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden.

Sementara itu Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa lawitang saat menghadiri kegiatan upacara apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden menuturkan, kegiatan apel gelar pasukan di Mapolres Pacitan ini merupakan kesiapan dalam rangka pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

“TNI dan Polri bekerjasama dalam pengamanan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, kegiatan ini juga untuk melihat kesiapan  dalam mendukung pengamanan pelantikan presiden terpilih. Meski pelantikannya di Jakarta namun sebagai seorang prajurit kita harus siap gerak dalam membantu polisi meningkatkan deteksi dini, demi terciptanya situasi keamanan yang kondusif di Pacitan,”kata Dandim.