Wow, Ada Banyak Pantai di Desa Watukarung

oleh -461 views
Tempat wisata Pacitan, Pantai watukarung

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pacitan memiliki deretan pantai yang banyak jumlahnya. Diantara keindahan pantai-pantai tersebut, salah satu pantai yang populer di Pacitan Pantai Kasap dan Pantai Watukarung. Dua pantai ini masuk dalam banyaknya pantai yang terletak di kawasan Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

Untuk pantai Watukarung, terletak di Dusun Ketro dan memiliki ciri khas pasir putih, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Jika kesini, dijamin betah dan selalu ingin kembali.

Apalagi jika bermalam menikmati siluet saat sunrise maupun sunset dari tepian pasir pantai Watukarung yang eksotis. Suara deburan ombak pantai serta angin sejuk pun menambah akrab suasana pantai ini. Dan tentu, keindahan alam Pacitan dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pesona tersendiri untuk menghadirkan wisatawan.

Pantai ini jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 kilometer. Dan siapa siapa sangka, di kawasan ini juga terdapat banyak pantai dengan panorama yang indah. Tercatat, ada 12 hingga 13 pantai di Desa Watukarung, yang kemudian disebut dengan kawasan wisata Watukarung.

Sebelum mencapai lokasi utama, pengunjung akan disuguhi pemandangan gunung batu batu karang di sekitar kanan kiri jalan menuju lokasi, jalanan menuju lokasi melewati daerah pinggiran yang bagus jalannya. Pasir putihnya yang membentang di seluruh bibir pantai dan karang karang raksasa disepanjang garis horizontal pantai menambah keindahan sebuah pantai.

Bagitu sampai di Pantai Watukarung, Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pohon-pohon kelapa. Pohon tersebut berbaris rapi disepanjang pantai dan berayun, seakan mengajak Anda untuk segara masuk ke dalam kawasan pantai.

Pasir putihnya yang halus akan menyapa Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa, yang sering digunakan untuk arena olahraga air surfing.

Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu Pantai Watukarung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer bisa menikmati menari diatas ombak.

Selain Pantai Watukarung, juga ada Pantai Kasap disebut-sebut sebagai “Mini Raja Ampat”-nya Pacitan. Pasalnya, di pantai ini Anda bisa melihat pulau-pulau kecil layaknya pemandangan di Raja Ampat. Pantai ini masih satu lokasi dengan Pantai Watukarung, Pringkuku, Pacitan.

Spot foto di Pantai Kasap. (Foto: Wiwid Peni Dwiantari)

Kehadiran pulau-pulau kecil inilah yang melatarbelakangi penyebutan Mini Raja Ampat Pacitan. Kehadiran gardu pandang kayu baru-baru ini juga makin membuat Pantai Kasap semakin mirip dengan Raja Ampat asli.

Selain dua pantai tersebut, pantai apalagi yang berada disini? Nah, rupanya ada banyak pantai lagi yang berada di Desa Watukarung. Di sebelah timur Pantai Kasap ada Pantai Banteng Mati dan Pantai Denombo. Kemudian di sebelah barat Pantai Kasap ada Pantai Bercak, Pantai Karung, Pantai Sirah Towo dan Pantai Jantur.

Setelah Pantai Watukarung, di sisi barat Pantai Watukarung terdapat Pantai Waduk, Pantai Mbrosok, Pantai Mbresah dan Pantai Langitan.

Wah banyak sekali ya pantainya. Keren-keren pula. Jangan lupa kalau kesini, jaga selalu kebersihan dan keindahan pantainya ya. Selamat menikmati keindahan kawasan Pantai di Desa Watukarung.