Bawaslu Pacitan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilbup

oleh -325 views
Bawaslu Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan sosialisasi peran bawaslu dalam pilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan pada Sabtu (19/10/2019). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan sosialisasi peran Bawaslu dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan pada Sabtu (19/10/2019) malam di alun-alun Pacitan.

Sosialisasi tersebut digelar dengan tajuk gelar seni budaya lokal Pacitan dan sosialisasi tugas Bawaslu Kabupaten Pacitan dalam pengawasan Pemilu/Pilkada.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus HRW dalam sambutannya mengatakan salah satu peran bawaslu adalah menyelenggarakan pengawasan dan penindakan sengketa pemilu.

Baca juga: Bawaslu Siap Awasi Pelaksanaan Pilbup Pacitan 2020

Menurut dia, tugas dan fungsi Bawaslu sendiri tertera dalam undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilihan umum pada poin tugas, wewenang, dan kewajiban Bawaslu.

“Tahapan pemilu yang dimaksud adalah tahapan sejak awal pelaksanaan pemilukada proses rekrutmen calon sampai penentuan hasil pemilihan pilkada,”kata Berty.

Lebih lanjut, Berty berharap dengan adanya peran serta masyarakat dan para tokoh dalam Pilkada 2020 dapat menjadikan Pacitan damai.

“Kami berharap peran masyarakat dan para tokoh dalam menyukseskan pemilukada 2020 diharapakan menjadikan Pacitan adem ayem damai,”katanya.

Kegiatan sosialisasi ini disemarakkan dengan penampilan seni budaya lokal Kethek Ogleng Pacitan yang merupakan kesenian asal Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan.

Selain Kethek Ogleng, kegiatan tersebut juga disemarakkan penampilan seni Ronthek Laskar Maghribi Desa Mentoro dan seni Wayang Combo Ki Dalang Fajar Arianto dari sanggar Unggul Pamenang.

Pilbup Pacitan sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020) mendatang. Saat ini tahapan pelaksanaan Pilbup Pacitan sudah dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan