Dinsos Pacitan Lakukan Kaji Banding Pengelolaan Rumah Singgah PPKS Blitar

oleh -194 views
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pacitan melakukan kaji banding pengelolaan rumah singgah sementara atau shelter Pengembangan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Kabupaten Blitar. (Dok Dinsos Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pacitan melakukan kaji banding pengelolaan rumah singgah sementara atau shelter Pengembangan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Sosial Pacitan Sunaryo dalam rilis yang diterima Pacitanku.com, Jumat (11/10/2019) mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Blitar karena diizinkan untuk melakukan kaji banding ke Shelter Dinas Sosial Kabupaten Blitar.

“Kami sangat berkesan atas Dinas Sosial Kabupaten Blitar karena sangat maksimal dalam menangani PMKS di Shelter,”ujar Sunaryo.

Menurut Sunaryo, ilmu yang didapat di Blitar tersebut akan dipelajari untuk dilanjutkan dalam proses pembangunan shelter Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayahnya.

“Ilmu yang didapat dari kaji banding ini akan di pelajari lebih lanjut untuk proses pembangunan Shelter PMKS di Kabupaten Pacitan,”tandasnya.

Untuk diketahui, banyaknya PMKS di wilayah Kabupaten Pacitan menjadi inspirasi Dinas Sosial Kabupaten Pacitan untuk mendirikan Rumah Singgah Sementara/Shelter sehingga dapat menampung PMKS sebelum dirujuk maupun dipulangkan ke daerah asal.

Untuk menunjang kegiatan tersebut agar maksimal, Dinas Sosial Kabupaten Pacitan melakukan Kaji Banding pengelolaan Rumah Singgah Sementara ke Shelter PPKS Dinas Sosial Kabupaten Blitar.

Kabupaten Blitar menjadi rujukan karena telah memiliki peraturan daerah dan adanya komitmen diantara organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menangani PPKS.

Shelter pemerlu PPKS Dinas Sosial Kabupaten Blitar memberikan pelayanan selama 24 jam dengan didukung 2 petugas teknis shelter, dua petugas keamanan, dan satu petugas kebersihan.

Fasilitas yang diberikan adalah ruang tempat tidur dengan tujuh kasur, ruang khusus Orang Dengan gangguan Jiwa (ODGJ), kamar mandi, mushola, dapur. Selain itu shelter Dinas Sosial Kabupaten Blitar juga menjadi tempat pembuatan batik ciprat yang diproduksi oleh Kelompok Disabilitas binaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar.