Polemik Timses Cakades Lapor Panwas Berakhir Damai

oleh -492 views
Berakhirnya polemik secara damai tersebut usai adanya mediasi yang digelar oleh Panitia Pilkades dan Panwas Pilkades Kasihan yang digelar pada Jum'at (11/10) di Desa Kasihan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Polemik pelaporan salah satu anggota tim sukses Calon Kepala Desa (Cakades) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kasihan kepada Pengawas Pilkades  akhirnya berakhir damai.

Berakhirnya polemik secara damai tersebut usai adanya mediasi yang digelar oleh Panitia Pilkades dan Panwas Pilkades Kasihan yang digelar pada Jum’at (11/10) di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo.

Terlapor dalam polemik tersebut, Umar yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kasihan memberikan klarifikasi dalam pertemuan tersebut.

Menurut dia, apa yang dilakukannya itu adalah sebatas himbauan bahwa dalam membuat peraturan, Kepala Desa tidak boleh melangkahi aturan yang diatasnya.

“Hanya himbauan saja, agar Kepala Desa tidak membuat aturan yang telah berlaku, kalau jalan Provinsi itu adalah kewenangan Dinas PU untuk perawatan jalan,”kata Umar.

Namun demikian, lanjut Umar, jika Kepala Desa bisa membuat peraturan yang disepakati oleh BPD untuk merawat jalan di jalan desa atau dusun yang dibiayai bukan dengan dana desa itu diperbolehkan. Atas hal itu, dia kemudian meminta maaf atas pernyataan yang dianggap menjegal visi dan misi Cakades nomor 02 Susianto.

“Untuk itu, apabila statemen saya kemarin dianggap menjegal visi dan misi Calon Kepala Desa nomor dua, saya meminta maaf,”ujar dia.

Pada prinsipnya, Umar mengatakan BPD bersikap netral dan tidak memihak. Dia berharap Pilkades Desa Kasihan bisa berjalan lancar. “Dan bisa menghasilkan Kepala Desa yang bisa membawa desa ini lebih maju,”tandas Umar.

Sementara, anggota tim pemenangan Cakades 02, Yahya Ali Rahmawan pada akhirnya menerima klarifikasi keterangan yang disampaikan Ketua BPD itu.

“Ini adalah pembelajaran bagi kita semua, dalam penyusunan Visi dan Misi, Calon Kepala Desa pasti telah dipertimbangkan serta dicari dasar hukumnya, apalagi jalan di Desa Kasihan banyak yang rusak, jika tidak ada yang merawat akan tambah rusak lagi, hal itu yang menjadi salah satu program strategis calon Kades nomor 2 bila terpilih,”katanya.

Dalam mediasi tersebut, turut hadir Ketua Panitia Pilkades Sukatno, Ketua Panwas Anang Nurdiyanto dan anggota Panwas Desa Arif Kurniama.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Yahya melaporkan Ketua BPD Kasihan kepada Panitia Pengawas Pilkades pada Kamis (10/10/2019) malam.

Penyebabnya, Yahya yang merupakan anggota timses Cakades nomor 2 menduga, Ketua BPD Kasihan, Umar tidak netral saat melakukan protes sebelum penyampaikan visi dan misi Cakades yang dilaksanakan pada Rabu (9/10/2019) lalu.

Misi yang dimaksud, kata Yahya, adalah misi Cakades Susianto untuk mengaktifkan kembali kuli ratan untuk merawat jalan yang dibiayai dengan anggaran pendapatan desa.

Pilkades Kasihan akan digelar serentak dengan 112 desa lain di 12 Kecamatan di Pacitan pada Senin (14/10/2019) mendatang. Pilkades Kasihan diikuti lima Cakades, yakni Wamujid, Susianto, Masduki, Fachurrohman dan Sudirno.