ODGJ Desa Losari Tulakan Terima Bantuan Sosial dari Pemerintah

oleh -250 views

Pacitanku.com, TULAKAN — Sejumlah Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Losari, Kecamatan Tulakan menerima bantuan dana sosial dari Dinas Sosial (Dinsos) setempat pada Rabu (18/9/2019).

Turut hadir mendampingi penerima bantuan dana sosial tersebut Babinsa Desa Losari Koramil Tulakan Kodim 0801/Pacitan Kopral Satu Saiin bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kecamatan Tulakan, Kepala desa Losari, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, hadir juga guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Sudijono Sastroatmodjo dalam pendampingan penerimaan bantuan dana sosial bagi ODGJ di Desa Losari Tulakan tersebut.

Usai melakukan pendampingan, Sudijono mengatakan kegiatan tersebut untuk memberikan batuan kepada para ODGJ di Desa Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan.

“Penanganan kesehatan jiwa di Indonesia merupakan salah satu masalah yang sering mengalami banyak kendala, adapun yang menjadi kendala yakni stigma di masyarakat terhadap ODGJ, “ujarnya.

Menurut Sudijono, salah satu stasiun GMA tersebut adalah para ODGJ masih kerap mendapat perlakuan yang tidak manusiawi.

“Baik oleh keluarga mereka maupun masyarakat sekitar,”imbuhnya.

Sementara, Babinsa Losari Kopral Satu Saiin mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut dirinya merasa senang dan terbantu karena para ODGJ di desa binaan Koramil Tulakan mendapatkan bantuan.

“Para ODGJ di daerah binaan saya mendapatkan bantuan dan sosialisasi, semoga dengan adanya sosialisasi ini orang gangguan jiwa di di desa Losari mendapatkan perlakuan sama dengan masyarakat yang lain,”tandasnya. (Marji/RAPP002)