Afghani Wardhana Apresiasi Penyelenggaraan Festival Ronthek Pacitan

oleh -413 views
Tim Ronthek Tegalombo. (Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana mengapresiasi penyelenggaraan festival budaya Ronthek Pacitan.

“Saya kira upaya pak Bupati dalam mempromosikan kabupaten Pacitan melalui seni ronthek ini harus kita apresiasi,”kata pria yang juga Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan ini, saat berbincang dengan Pacitanku.com baru-baru ini di Pacitan.

Menurut Afghani, di setiap daerah, perlu ada upaya aktualisasi seni budaya sebagai bentuk keunggulan di Pacitan.

“Kalau dalam bahasa saya adalah setiap advantage atau keunggulan dari setiap kota kabupaten dalam hal bentuk aktualisasi seni budaya dan seni, dan setiap event besar seperti ini, punya multiplayer effect, jadi tidak hanya pada seni atau budaya saja,”ungkap pria yang merupakan putra dari KH Ali Murtadlo ini.

Afghani Wardhana (Bakal Calon Bupati Pacitan)

Sebagai contoh, imbuh Afghani, karena judulnya adalah wisata budaya, tentu akan berdampak ke beberapa hal terkait dunia pariwisata.

“Yang mungkin terkait dengan masalah kuliner misalnya, multiplayer effectnya akan terasa, misalnya bisa kedatangan turis lokal, misalnya dari Jawa tengah, bahkan mungkin turis dari luar negeri, kan banyak hal sebetulnya, jadi ketika sebuah event budaya itu menjadi event tahunan tentu ini menjadi sebuah hal yang menarik bagi sebuah kota atau kabupaten,”jelasnya.

Yang terpenting, kata Afghani, bagaimana pariwisata di Pacitan itu bisa maju dan berkembang, tentunya dengan koridor tidak sampai merusak moral, norma agama, kesusilaan, etika, sopan santun dan tata krama. “Itu tetap harus kita jaga budaya kita, itu penting,”pungkasnya.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Ronthek tahun ini digelar di depan SMPN 1 Pacitan Jalan Ahmad Yani Pacitan. Dalam perhelatan Festival Ronthek, terdiri dari total 36 grup yang terdiri dari 20 desa, lima kelurahan dan 11 kecamatan.

Penonton Ronthek Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Adapun, peserta rata-rata pemainnya berjumlah 50-100 personil terbagi dalam tiga iringan yaitu penari, penabuh ronthek dan mobil hias gamelan.

Setelah tampil, pada akhirnya Grup Ronthek Raung Bambu dari Kecamatan Pringkuku berhasil menjadi juara umum Festival Ronthek Pacitan tahun 2019.

Pewarta: Dwi Purnawan