Kembangkan Inovasi Santri, Dosen ISI Teliti Seni Kriya Logam di Pondok Tremas Pacitan

oleh -280 views

Pacitanku.com, ARJOSARI – Tim peneliti yang merupakan Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengembangkan seni kriya logam dengan memanfaatkan limbah aluminum foil untuk menghasilkan produk kerajinan yang produktif bagi santri pondok pesantren Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.

Penelitian dosen ini merupakan salah satu penelitian terapan yang lolos didanai oleh ISI Surakarta tahun 2019.

Salah satu kegiatannya adalah dengan mengadakan riset di lapangan khususnya di bidang vokasi pondok pesantren Tremas. Bagian vokasi ini sengaja diadakan sebagai wadah para santri yang telah purna belajar di pondok pesantren Tremas yang dapat digunakan sebagai bekal kreativitas setelah membaur kelak di masyarakat asal daerahnya.

Penelitian ini diketuai oleh Aji Wiyoko dari prodi Keris dan Senjata Tradisional, dan beranggotakan NR Adi Candra dari prodi Televisi dan Film.

Menurut Aji Wiyoko, penelitian ini secara umum bertujuan ingin bersinergi dengan dunia pendidikan pondok pesantren khususnya di pondok pesantren Tremas dalam upaya pengembangan kreativitas dan inovasi produk karya seni yang lebih produktif salah satunya dengan pemanfaatan limbah alumunium foil yang terkadang sangat mudah dijumpai.

Sementara, NR Ardi Candra juga berpendapat bahwa dengan dukungan penelitian ini ke depannya akan kita jumpai hasil-hasil karya seni ukir logam yang telah berhasil diciptakan oleh para santri pondok pesantren Tremas.

“Dengan tujuan sebagai bagian pengembangan bakat dan minat khususnya di bidang seni bagi santri-santri di pondok pesantren ini,”katanya.

Kegiatan riset awal ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada Sabtu (14/9/2019) sampai Minggu (15/9/2019) dari rencana riset berkelanjutan hingga awal bulan Oktober tahun 2019.