Festival Ronthek akan Dipromosikan Menjadi Event Nasional

oleh -316 views
Ronthek Jago Suroloyo Tegalombo. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan mempromosikan Ronthek menjadi event nasional. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Festival Ronthek Pacitan Daryono saat memberikan sambutan dalam penutupan Festival Ronthek tahun 2019, Sabtu (14/9/2019) di Pacitan.

“Harapan kedepan, Ronthek akan diarahkan untuk menggemakan Indonesia dan masuk 100 event Wonderful Indonesia dan menjadi festival nasional,”katanya.

Lebih lanjut, pria yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pacitan ini mengatakan secara keseluruhan Festival rontek persiapannya dari tahun ke tahun lebih matang. “Dan Festival Rontek Kemerdekaan ini persipannya cukup, peserta antusia dan menghibur masyarakat,”ujar dia.

Baca juga: Festival Ronthek Pacitan Layak Masuk 100 Event Wonderful Indonesia

Pantauan pada hari ketiga, ragam pertunjukan rontek dari masing masing group menyampaikan banyak pesan moral dan isu- isu sosial, alam dan lingkungan. Diantaranya ada penampilan tentang mitigasi bencana, tema tentang pertanian dan lahan kekeringan, tentang wabah marabahaya, tentang kebaikan dan kebathilan, perjuangan tentang Jendral Sudirman sejarah perjuangan mencapai kemerdekaan.

Dewan juri dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pun menyampaikan bahwa masing-masing peserta sudah menemukan konsep, mampu memaduserasikan ronthek memalui gerak, lagu dan ritme irama ronthek dan musik pendukungnya.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Ronthek tahun ini digelar di depan SMPN 1 Pacitan Jalan Ahmad Yani Pacitan. Dalam perhelatan Festival Ronthek, terdiri dari total 36 grup yang terdiri dari 20 desa, lima kelurahan dan 11 kecamatan. Adapun, peserta rata-rata pemainnya berjumlah 50-100 personil terbagi dalam tiga iringan yaitu penari, penabuh ronthek dan mobil hias gamelan.

Penampilan Ronthek tahun 2019 pada hari pertama pada Kamis (12/9/2019) menampilkan Desa Bolosingo, Desa Menadi, Kelurahan Sidoharjo, Desa Sirnoboyo, Desa Mentoro, Kecamatan Ngadirojo, Desa Ponggok, Desa Nanggungan, Desa Banjarsari, Kelurahan Pucangsewu, Kelurahan Ploso dan Desa Sambong.

Kemudian jadwal tampil hari kedua pada Jumat (13/9/2019) adalah Desa Arjowinangun, Kecamatan Sudimoro, Desa Purworejo, Kecamatan Arjosari, Desa Tambakrejo, Desa Semanten, Desa Sumberharjo, Desa Sedeng, Desa Widoro, Kecamatan Pringkuku, Desa Sukoharjo dan Kecamatan Tulakan.

Selanjutnya pada hari ketiga yang tampil adalah Kecamatan nawangan, Desa Kayen, Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bandar, Kecamatan Kebonagung, Desa Kembang, Kelurahan Pacitan, Desa Bangunsari, Kecamatan Tegalombo, Desa Tanjungsari, Kecamatan Punung dan Kelurahan Baleharjo.