Festival Ronthek Pacitan Layak Masuk 100 Event Wonderful Indonesia

oleh -596 views
Ronthek dari Kecamatan Punung. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan masa bakti 2014-2019 Ronny Wahyono optimistis Festival Ronthek Pacitan mampu menjadi 100 event wonderful Indonesia.

“Saya optimis Ronthek kedepan bisa masuk ke 100 Event Wonderful Indonesia di bawah kerjasama penyelenggaraan dengan Kementerian Pariwisata, Ronthek Pacitan akan menjadi seni pertunjukan yang spektakuler dan menarik kunjungan wisatawan,”katanya di sela pertunjukan Ronthek pada Jumat (13/9/2019) di Pacitan.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan T Andi Faliandra mengatakan tahun depan festival budaya tersebut akan dapat dikolaborasikan dalam festial kesenian kawasan selatan Jawa Timur.

“Festival Ronthek Pacitan yang ke 10 tahun depan dapat di kolaborasikan dengan Festival Kesenian kawasan Selatan jawa Timur, dimana Kabupaten Pacitan menjadi penyelenggaran dan tuan rumah yang pesertanya terdiri dari Kabupaten trenggalek, Tulungagung, Blitar Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi,”jelasnya.

Menurut Andi, garapan teatrikal dan musik ronthek Pacitan melalui FRP yang dari tahun ke tahun menjadi seni pertunjukan yang bermutu dan dan berbobot. “Ronthek merupakan warisan budaya tak benda yang akan menjadi kebanggan masyarakat Pacitan dan dapat di nikmati sebagai wisata budaya,”tandasnya.

Senada dengan Andi, konsultan ekonomi kreatif Pacitan Isa Wahyudi  menyebut Ronthek mampu menjadi trigger dan endurance yang menggerakkan sembilan sub sektor ekonomi kreatif.

“Diantaranya musik, seni pertunjukan, fashion yang di dukung dengan desain komunikasi visual, video, fotografi dan disiarkan melalui TV dan radio. Selain itu sub sector lain yang berkembang dari rontek adalah Kriya dan kuliner. Selain itu Festival Ronthek Pacitan 2019 merupakan wisata budaya yang mampu menyedot kubjungan wisata dan lama-lama Pacitan akan menjadi Kota kreatif di kawasan selatan Jawa Timur,”jelas dia.

Lebih lanjut, Isa mengatakan wisata dan ekonomi kreatif menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Sehingga, kata dia, melalui seni pertujukan kesenian Ronthek Pacitan mampu menjadikan Pacitan sebagai kota yang kaya akan budaya.

“Selain sebagai daerah yang di limpahi alam wisata  yang terkenal dengan keindahan patai, kota 1001 goa dengan slogan Paradise of Java,”pungkasnya.

Seperti tahun sebelumnya, Festival Ronthek tahun ini digelar di depan SMPN 1 Pacitan Jalan Ahmad Yani Pacitan.

Penampilan Ronthek tahun 2019 pada hari pertama pada Kamis (12/9/2019) menampilkan Desa Bolosingo, Desa Menadi, Kelurahan Sidoharjo, Desa Sirnoboyo, Desa Mentoro, Kecamatan Ngadirojo, Desa Ponggok, Desa Nanggungan, Desa banjarsari, Kelurahan Pucangsewu, Kelurahan Ploso dan Desa Sambong.

Kemudian jadwal tampil hari kedua pada Jumat (13/9/2019) adalah Desa Arjowinangun, Kecamatan Sudimoro, Desa Purworejo, Kecamatan Arjosari, Desa Tambakrejo, Desa Semanten, Desa Sumberharjo, Desa Sedeng, Desa Widoro, Kecamatan Pringkuku, Desa Sukoharjo dan Kecamatan Tulakan.

Selanjutnya pada hari ketiga yang tampil adalah Kecamatan nawangan, Desa Kayen, Kecamatan Donorojo, Kecamatan Bandar, Kecamatan Kebonagung, Desa Kembang, Kelurahan Pacitan, Desa Bangunsari, Kecamatan Tegalombo, Desa Tanjungsari, Kecamatan Punung dan Kelurahan Baleharjo.