Pacitan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Voli Nasional Tahun 2019

oleh -3.636 views
Ilustrasi lomba voli
Ilustrasi lomba voli

Pacitanku.com, PACITAN – Kompetisi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Liga Voli Divisi I tahun 2019 segera digelar di Pacitan.

Sesuai rujukan Program Kerja Pengurus Pusat PBVSI Tahun 2019, pertandingan ini akan berlangsung pada 22-29 September di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan.

Menariknya, kegiatan ini merupakan event nasional perdana di Kota Wisata 1001 Goa. Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan atlet bola voli Indonesia dengan harapan mendapatkan bibit-bibit baru atlet voli nasional.

Selain itu dengan terselenggaranya kegiatan ini Kabupaten Pacitan mendapatkan keuntungan promosi wisata.

Livoli merupakan kejuaraan nasional bola voli antar klub di Indonesia. Kejuaraan ini dibagi menjadi divisi utama dan divisi satu.

Mengingat Pacitan telah berhasil mewakili Jawa Timur untuk melangkah di Kejurnas Livoli Divisi 1 secara berturut-turut tahun 2016 di Ungaran, Semarang dan tahun 2017 di Minahasa, maka di saat ini mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah event bergengsi tingkat nasional.

Ketua pelaksana Livoli Divisi I Eko Prasetyo Wahyudiarto, hal ini dimotori oleh anak anak Amanah Bola Voli Club Pacitan.

“Untuk tahun ini adalah langkah tepat untuk menujukkan ke semua insan pecinta bola voli bahwa Pacitan juga mampu memberikan yang terbaik untuk negri kita tercinta,”katanya, Senin (9/9/2019).

Eko mengatakan pada event ini memberikan kesempatan kepada tiap peserta untuk dapat mengikutsertakan 2 (dua) Tim Putera dan Puteri dari setiap Pengurus Provinsi PBVSI. Pendaftaran dibuka sejak awal Agustus 2019 melalui email resmi PP PBVSI.

“Kepercayaan PP PBVSI memberikan semangat kami untuk memberikan kenyamanan selama event berlangsung, tetapi semua itu tidak akan terwujud tanpa bantuan dan dukungan dari semua pihak” kata Eko Prasetyo.

Sebagai referensi, juara 1dan 2 Kejuaraan Daerah (Kejurda) bola voli antar klub di setiap provinsi berhak dipromosikan ke Kejurnas Livoli Divisi 1 sebagai wakil dari setiap provinsi.

Juara 1 dan2 dari Kejurnas Antar Klub Livoli Divisi 1 dipromosikan ke Kejurnas Livoli Divisi Utama. Untuk kejurnas yang tidak bisa mempertahankan  Livoli Divisi 1 harus mengulang di Kejurda di wilayah masing masing.

Dan yang tidak bisa mempertahankan di Livoli Divisi Utama degradasi ke Livoli Divisi 1. “Degradasi itu berdasarkan hasil penyisihan grup, jika terus kalah di grup pada saat itu” tambahnya.

Melalui kegiatan ini pihak penyelenggara juga memberikan ruang promosi melalui media yang disediakan Panitia guna mendapatkan atensi dari pengunjung dan  penggemar olahraga ini Terbagi menjadi sponsor utama dan sponsor bersama.

Adapun fasilitas promosi dan penyebutan nama sponsor pada jejaring sosial, media promosi cetak, tiket dan pemasangan banner di tempat-tempat strategis, selain pada garis luar lapangan utama pertandingan.

“Sebagai event nasional tentu menjadi kebanggaan warga Pacitan, dalam rangka kebersamaan mari bersama-sama kita support  kesuksesan kegitan ini, ticketing dan kerjasama sponsorship merupakan bentuk dukungan dan partisipasi yang kami harapkan,” kata Imam Mustofa selaku CP panitia Lokal.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan