Danramil 0801/11 Donorojo Ajak Siswa Sekolah Jadi Generasi Muda Cinta Tanah Air

oleh -244 views
Kegiatan bertajuk pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan tahun 2019 ini mengusung tema “Peningkatan kesadaran bela Negara bagi pelajar SLTP/SLTA di Kabupaten Pacitan.”

Pacitanku.com, DONOROJO – Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan Kapten Inf Nurhadi Sugiono berbagi materi wawasan kebangsaan (Wasbang) untuk siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Donorojo, Pacitan pada Kamis (5/9/2019).

Kegiatan ini merupakan kerjasama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan dengan Kodim 0801/Pacitan.

Dengan tajuk pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan tahun 2019, kegiatan ini mengusung tema “Peningkatan kesadaran bela Negara bagi pelajar SLTP/SLTA di Kabupaten Pacitan.”

Dalam pemaparannya, Nurhadi mengajak siswa-siswi SMKN 2 Donorojo menjadi generasi muda yang mencintai tanah air.

Menurut Nurhadi, jika tumbuhnya karakter generasi muda yang handal dan profesional, harus dilandasi dengan penanaman karakteristik patriotisme dan nasionalisme.

“Wujud dari mencintai tanah air, bangsa dan negara adalah menjadi generasi muda yang utuh, tanpa terkontaminasi oleh apapun. Itu merupakan dasar utama terciptanya persatuan dan kesatuan di dalam diri para pelajar,” katanya.

Lebih lanjut, Nurhadi mengungkapkan, wasbang dinilai sangat berdampak positif bagi perkembangan pola pikir para pelajar, terlebih pemahaman mengenai nilai-nilai sejarah  serta kebhinekaan.

“Pemahaman itu (wasbang) sangat penting. Sebab, wawasan maupun pemahaman terhadap sejarah-sejarah bangsa, akan timbul dengan sendirinya di pikiran para pelajar,” pungkasnya.