Kabar Duka, Ibunda SBY Siti Habibah Wafat

oleh -2.642 views
SBY dan ibunya Siti Habibah

Pacitanku.com, CIBUBUR – Ibunda dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudohoyono bernama Siti Habibah dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Jumat (30/8).  Kabar duka tersebut disampaikan politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik lewat pesan melalui media sosial Twitter.

“Telah berpulang ke rahmatullah, Ibu Siti Habibah, Ibunda dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2019, Pukul 19.21, di RS Mitra Keluarga Cibubur,”kata Rachland.

Jenazah almarhumah rencananya akan disemayamkan di kediaman pribadi SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, untuk selanjutnya dimakamkan esok, Sabtu (31/8). Belum diketahui lokasi pemakaman Ibunda SBY.

Siti Habibah diketahui telah mendapat perawatan di RS Mitra Keluarga Cibubur sejak 8 Agustus lalu. Saat itu, penyebab sakitnya disebut karena faktor usia.

Untuk diketahui, Siti Habibah adalah ibu yang melahirkan SBY pada 9 September 1949. SBY lahir di Tremas, Arjosari, Pacitan dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah.

Raden Soekotjo dan Siti Habibah adalah keturunan dari Nyai Ageng Ibnu Umar binti Ki Ageng Muhammad Besari. Dari silsilah ayahnya dapat dilacak hingga Pakubuwana serta memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana II. Yudhoyono yang dipanggil “Sus” oleh orangtuanya dan populer dengan panggilan “SBY” melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan.