Bupati Pacitan Paparkan Inovasi Mitigasi Bencana di ASEAN Mayor Forum 2019

oleh -547 views
Bupati Pacitan Indartato turut menjadi pemateri pada The 5th ASEAN Mayors Forum 2019 di Kota Bangkok yang digelar sejak Senin (26/8/2019) hingga Rabu (27/8/2019). (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, BANGKOK – Bupati Pacitan Indartato turut menjadi pemateri pada The 5th ASEAN Mayors Forum 2019 di Kota Bangkok yang digelar sejak Senin (26/8/2019) hingga Rabu (27/8/2019).

Agenda forum AMF kali ini bertema Driving Local Action for Sustainable and Inclusive Growth di United Nations Conference Centre (UNCC).

Dalam kesempatan tersebut, Indartato memaparkan sejumlah materi, diantaranya masalah perubahan iklim secara global berdampak pada potensi berbagai ancaman bencana.

Kabupaten Pacitan yang mempunyai pengalaman banjir bandang dan tanah longsor akibat siklon tropis cempaka akhir 2017 silam menjadi materi yang disampaikan Bupati Indartato di hadapan 300 undangan, ditambah ancaman Tsunami karena letak geografis Pacitan yang berhadapan dengan Samudera Hindia.

“Masalah bencana sangat kompleks, pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri menghadapi bencana yang datang, semua instansi harus dikerahkan melalui Renstra PD dalam mendukung upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Sementara implementasi di lapangan diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan melalui program kerja yang ada,”katanya, seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Kamis (29/8/2019).

Indartato mengatakan salah satu hal yang disampaikan adalah termasuk inovasi mitigasi bencana yang terus dilakukan, supaya pengetahuan tentang semua potensi bencana yang benar-benar diketahui masyarakat.

“Serta yang utama penerapan program Desa Tangguh Bencana (Destana) yang terus digalakkan seluruh desa di Pacitan,”katanya lagi.

AMF 2019 diikuti oleh 300 peserta, terdiri dari pemimpin kota ASEAN, perwakilan pemerintah daerah dan asosiasi pemerintah daerah dari semua negara anggota ASEAN.

Peserta lain termasuk perwakilan tetap dan Sekretariat ASEAN, perwakilan pemerintah nasional, pembuat kebijakan, akademisi, pakar teknis, negara dan lembaga mitra pembangunan, agen khusus dan perwakilan sektor swasta. (Pemkab)

Turut mendampingi Indartato dalam forum tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Aswin Rikha Wijaya dan Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati.