Mengenal “Duo Sugik” yang Digadang-gadang Elemen Masyarakat Maju Jadi Cabup Pacitan

oleh -582 views
HB Sugiharjanto. (Foto: Agus Hermawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Meskipun belum dimulai tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, namun suasana semakin menghangat saat masyarakat mulai melirik duet “Duo Sugik” yang digadang-gadang maju menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan periode 2021-2026.

Siapa duo sugik? Sugik yang pertama adalah sosok pengusaha sekaligus Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Mengenal Akhmad Ikhsan, Kader NU dan Tokoh Inspiratif yang Masuk Bursa Bacabup Pacitan

Ditangan Sugi, pada tahun ini kontingen Pacitan berhasil mengumpulkan total 13 medali dengan rincian empat emas, dua perak dan tujuh medali perunggu dalam Porprov Jatim VI yang berlangsung pada 6-13 Juli 2019 lalu di Bojonegoro, Gresik, Tuban dan Lamongan.

Selain sebagai ketua KONI Pacitan, pria yang memiliki nama lengkap HB Sugiharjanto ini adalah sosok pengusaha yang dikenal dermawan.

Saat berbincang dengan Pacitanku.com pada Rabu (14/8/2019) malam dirumahnya di Pacitan, pemilik Enggal Group Pacitan ini menceritakan sebagian dari usaha yang dilakukannya harus bernilai ibadah.

“Selain harus dapat menyalurkan kekayaannya untuk kemaslahatan orang banyak, tapi juga harus ada nilai ibadahnya, wasiat saya kepada anak 50% dari kekayaannya, agar bisa dipergunakan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan,”kata dia.

Selanjutnya, Sugi yang kedua adalah Sugiharto, yang merupakan pengusaha di bidang kontraktor. Pemilik toko bangunan Tunas Subur ini juga dikenal sebagai pengusaha terkemuka Pacitan yang dikenal memiliki kepekaan social yang tinggi.

Sugi adalah pengusaha rental alat berat dan minyak goreng curah. Ia yang dikenal sebagai Sugi minyak atau Sugi Tunas Subur. Belum ada deklarasi pencalonan “duo sugi” tersebut, tetapi jaringan elemen masyarakat Pacitan banyak yang mendorong keduanya ikut maju dalam Pilbup yang digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang.

Baca juga: Masuk Bursa Cabup, Mantan Ketua KPU ini Ingin Jadikan Pacitan Kota Maju

Bambang Trenggono, salah satu perwakilan tokoh masyarakat mengaku siap mengkondisikan jaringan elemen masyarakat untuk mendorong keduanya maju dalam Pilbup Pacitan.

“Saya siap mengkondisikan dari wilayah timur sampai barat, utara sampai selatan untuk memenangkan Duo Sugik di Pilkada pada tanggal 23 September 2020 nanti sebagai team sukses,”kata dia.

Bambang mengatakan beberapa elemen masyarakat sudah banyak yang mendaftarkan diri menyatakan kesanggupanya untuk menghantarkan “Duo Sugik” ini maju dalam Pilbup Pacitan tersebut.

Sejumlah nama digadang-gadang dan mulai muncul menjelang Pilbup Pacitan yang rencananya akan digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang.

Sejumlah nama tersebut diantaranya Yudi Sumbogo (Wakil Bupati Pacitan), Ronny Wahyono (Ketua DPRD Pacitan), Gagarin (Wakil Ketua DPRD Pacitan), Sartono (Anggota DPR RI), Aziz Ahmadi (pensiunan TNI), Afghani Wardhana (Kepala Disparpora Kota Surabaya).

Kemudian Akhmad Ikhsan (inisiator pembuatan pupuk fermentasi), Almira Adelia Damayanti (tokoh muda Partai Golkar), Damhudi (eks. Ketua KPU Pacitan), Effendi Budi Wirawan (Politisi Partai Golkar), Andung Damar Sasongko (Kepala Wilayah IV Hutama Karya).

Selain itu muncul juga nama Hadi Suwarno (pengusaha), Giyanto (politisi PDIP), Kristanto Waluyo (Politisi Partai Demokrat), Mahmud (Ketua PCNU Pacitan), Muhammad Nurul Huda (Kepala Kemenag Pacitan), Subroto (eks. ASN Kemenhub), Sudijono Sastroatmodjo (Guru besar Unnes), Sugeng Nugroho (pengacara), Sri Pamungkas (Dosen STKIP PGRI Pacitan), Sugiharto (pengusaha), Sugi B Harjanto (Ketua KONI Pacitan) dan Sugiri Sancoko (politisi Partai Demokrat).

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan