Pesona Pantai Pancer Dorr Pacitan

oleh -938 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan adalah kota pantai. Dan salah satu pantai yang bisa dinikmati adalah keindahan pesona Pantai Pancer Dorr berlokasi di Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

Pantai Pancer Dorr merupakan bagian pantai dari teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur Pantai  Teleng Ria, berhadapan langsung dengan samudera hindia.  Pantai ini memiliki panorama yang mempesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Di pantai ini juga ditanam tumbuhan cemara yang berfungsi sebagai sabuk laut.

Lalu apa keistimewaan pantai ini? Yakni adalah ombak yang besar dan juga area yang cukup luas. Ombak besar inilah yang sering di manfaatkan oleh para surfer /peselancar untuk menunjukan kebolehanya melawan arus ombak yang tinggi. Sehingga tak heran di Pantai Pancer Door sering di gunakan untuk bermain surfing oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berbagai event selancar atau dayung sering digelar di kawasan ini, tepatnya di muara Sungai grindulu.

Berbagai event juga sering digelar di kawasan pantai ini karena tempatnya yang cukup luas. Sejak 2015 misalnya, beeberapa event digelar di pantai ini, diantaranya event ghatering skuter atau vespa nasional, Asian surfing championship, agenda kepanduan tingkat Jawa timur, hingga Pancer Dorr Summer Festival yang berlangsung pada Agustus 2019.

Penjagaan kawasan wisata Pantai Pancer ini rutin dilakukan, baik oleh relawan maupun pemerintah daerah. Kegiatan rutin bersih-bersih pantai Pancer Dorr sering dan rutin dilakukan, oleh masyarakat dan pemerintah setempat kerjasama dengan berbagai elemen, seperti Kodim Pacitan, Polres dan berbagai elemen lainnya.

Pemerintah daerah Pacitan mulai memperhatikan potensi wisata yang ada di kawasan Pancer Door ini seperti halnya pembangunan taman, panggung event, bumi perkemahan dan Etalase Geopark Gunung sewu. Selain itu di kawasan Pantai Pancer Door ini sangat cocok di gunakan sebagai tempat aktifitas  berolahraga bersepeda, lari, skateboard. Sehingga kita bisa menyaksikan jika setiap pagi dan sore tempat ini ramai di kunjungi warga.

Rute ke Pantai Pancer Door tidaklah sulit . Anda melewati JLS Barehan da nada perempatan belok kanan menuju ke Pantai Pancer Dorr. tiket Masuk ke pantai yang dikelola Pemkab Pacitan ini masih relatif murah yaitu untuk hari-hari biasa sebesar Rp 5 ribu.

Nah, bagi kamu yang ingin ke Pancer, jangan lupa tetap jaga kebersihan pantai ya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat menikmati pesona keindahan Pantai Pancer Dorr.