Muter-muter di Jalur Pansela Sirnoboyo-Ploso Pacitan

oleh -851 views

Pacitanku.com, PACITAN – Kali ini kita akan mencoba muter-muter melewati salah satu jalur di wilayah Pacitan yang cukup hits beberapa waktu lalu. Yak, ini adalah jalur Pantai Selatan atau Pansela yang menghubungkan Pacitan dan Banyuwangi.

Tapi ini kita kali ini kita susuri adalah salah satu ruas Pansela Pacitan-Banyuwangi di ruas Sirnoboyo-Ploso yang terletak di Kecamatan Pacitan kota.

Dengan dibangunnya sekaligus selesainya pembangunan Jembatan Grindulu di Desa Sirnoboyo, maka tersambung penuh-lah jalur Pansela di wilayah Pacitan. Dan yang paling hits adalah jembatan ini, yang dibangun sejak tahun 2015 dan telah rampung bulan Desember 2017 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2018.

Jembatan Grindulu membentang pada ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Ploso-Sirnoboyo di Kabupaten Pacitan. Jembatan Grindulu ini memiliki anjang 750 meter di atas Sungai Grindulu. Jembatan itu dibangun pada 2015 dan tuntas 2017. Menghabiskan anggaran Rp 211 miliar. Di atas jembatan tertulis besar-besar “Pacitan Kota Pariwisata”.Pembangunan  jembatan ini dilakukan oleh kontraktor PT. Nindya Karya.

Sejak jembatan ini jadi, sering juga untuk tempat nongkrong anak-anak muda, utamanya saat sore atau pagi hari. Pada umumnya ingin menikmati berfoto dengan latar belakang gapura raksasa bertuliskan “Pacitan kota Pariwisata.”

Jalur Pansela atau dulu sering disebut JLS Jatim tergambar utuh di wilayah Pacitan. Dari delapan kabupaten yang dilalui JLS di Jatim, Pacitan jadi satu-satunya wilayah yang aksesnya tuntas 100 persen. Jalanan mulus. Tidak berlebihan kalau melintasi Pacitan via pansela seperti melewati tol gratis. Bonusnya juga ada jalan yang meliuk-liuk.

Waktu tempuh untuk menyusuri ruas jalur Pansela Sirnoboyo-Ploso ini kira-kira 10 menit dengan kecepatan sedang. Dan di sepanjang jalan, kita akan menikmati panorama sawah, pegunungan, dan sungai yang indah. Cocok sekali untuk berfoto.

Sebagai tambahan informasi, sebelum tersambungnya ruas jalur Pansela Sirnoboyo-Ploso-Barehan, bagi yang hendak ke Trenggalek via jalur Pansela atau JLS mesti lewat Pacitan kota terlebih dahulu sebelum masuk ke JLS Kebonagung. Kini dengan dibangunnya ruas ini dan sudah rampung, semakin mempermudah akses di kawasan ini.

Menurut informasi dari Menteri PUPR rencananya jalur ini akan difungsikan sebagai percepatan akses perekonomian penunjang pembangunan Pelabuhan Barang dan Niaga di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Meskipun, saat ini proses pembangunan pelabuhan tersebut masih terkendala akses jalan yang dinilai masih terlalu tinggi.

Meskipun rencana tersebut belum terealisasi, jalur ini saat ini menjadi salah satu jalur favorit untuk nongkrong. Terlebih juga bias mengangkat perekonomian, minimal bagi para pedagang yang memanfaatkan hitsnya jalur ini untuk berjualan. Seperti di titik JLS Ploso dan Barehan yang memang menjadi salah satu titik untuk nongkrong dan berjualan.

Pesan kami, kalau lewat jalur ini, tetap hati-hati ya, walau tidak terlalu ramai, tapi jalur yang berkelok-kelok membutuhkan kehati-hatian berkendara. Apalagi ada beberapa peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalur ini.